Komunitas Tavip

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Komunitas Tavip adalah sekumpulan warganegara yang memiliki nama Tavip dan tahun kelahiran sekitar tahun 1964 dan beberapa tahun sesudahnya. Tavip merupakan singkatan dari Tahun Vivere pericoloso. Kata Vivere pericoloso merupakan sebuah ungkapan dalam Bahasa Italia yang artinya adalah hidup secara berbahaya.[1]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Tentang TAVIP Indonesia

TAVIP Indonesia, adalah sebuah komunitas anak negeri yang beranggotakan orang-orang Indonesia yang memiliki nama sama dan unik, yaitu mengandung unsur TAVIP, baik di bagian awal, tengah maupun akhir namanya. Uniknya nama TAVIP karena memiliki latar belakang sejarah yaitu diambil dari pidato Bung Karno pada tanggal 17 Agustus 1964 dengan judul TAVIP (Tahun Vivere Pericoloso, diambil dari bahasa Itali, yang artinya tahun yang menyerempet-rempet bahaya). Pada masa-masa itulah, kami yang memiliki unsur nama TAVIP dilahirkan oleh para orang tua kami yang sangat mengagumi sosok Bung Karno, Sang Proklamator. Pada saat pidato itu pula lahir gagasan besar Bung Karno tentang Trisakti, yaitu Berdaulat secara Politik, Mandiri secara Ekonomi dan Berkepribadian secara Budaya.

Komunitas TAVIP Indonesia dideklarasikan pada tanggal 11 November 2011 pada Kongresnya yang pertama di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur

Saat ini Komunitas kami beranggotakan 564 orang, tersebar di seluruh Wilayah Indonesia dengan berbagai profesi. Ada polisi, tentara, pengacara, pengusaha, ustad, petani, PNS, guru, aktivis HAM, pegawai swasta, dokter, pilot, pelaut, arsitek, seniman dan sebagainya.

Untuk mengingat peristiwa bersejarah tersebut, ada sejumlah tempat yang diberi nama TAVIP, diantaranya:

Pasar TAVIP di Binjai, Sumatera Utara;

Jl. TAVIP di Daerah Tanah Sareal Jakarta Barat;

Gg. TAVIP di salah satu sudut Kota Sukabumi;

Gudang TAVIP di Stasiun Tugu Yogyakarta;

Jalur penerbangan udara int’l TAVIP pada koordinat 03 57 51.50 S 110 23 00.00 E;

Bis kota TAVIP yang beroperasi di Kota Jakarta pada sekitar tahun 60-70an;

Wayang TAVIP, yang sangat fenomenal, hasil karya Mohamad TAVIP dari Bandung

Ada juga film produksi Hollywood yang berjudul “The Year of Living Dangerously” yang artinya tentu saja TAVIP. Menceritakan situasi gawat pada tahun-tahun 60an, dengan bintang filmnya Mel Gibson.

Jadi, rata-rata insan yang bernama TAVIP, saat ini usianya sekitar 50an..

Semoga tetap tercatat dalam sejarah yang akan selalu diingat sepanjang masa…

Salam Persaudaraan TAVIP Indonesia

**

Saat ini Pengurus Inti TAVIP Indonesia periode 2015-2019 adalah ;

Ketua Umum: SAEPUL TAVIP

Wakil Ketua: TAVIP SETIAWAN

Sekretaris: TAVIP NOWO PRIANGGODO

Wakil Sekretaris: RETNO TAVIP WIJAYANI

Bendahara: TAVIP JIANG

Wakil Bendahara: CUCU FELITAVIP

Deklarasi Tavip[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 11 Nopember 2011 telah berlangsung Kongres Tavip Indonesia bertempat di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur Jakarta, adapun kongres ini yang pertama kali diselenggarakan dari kumpulan orang-orang yang mempunyai nama yang sama yaitu Tavip.

Tidak kurang dari 100 orang peserta kongres hadir mengikuti pelaksanaan Kongres Tavip Indonesia. Hasil kongres ini menjadi bagian tidak terpisahkan dari sebuah cita-cita luhur dengan harapan dapat mewujudkan Bangsa Indonesia yang merdeka seutuhnya secara hakiki terbebas dari serempetan bahaya dalam segala bentuk dan Dimensi Kehidupan berbangsa dan bernegara. Pada kesempatan itu dilakukan juga Deklarasi Tavip Indonesia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]