Komposisi C

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kelompok Komposisi C adalah keluarga bahan peledak plastik terkait spesifik AS yang terutama terdiri dari RDX. Semua dapat dicetak dengan tangan untuk digunakan dalam pekerjaan pembongkaran dan dikemas dengan tangan ke dalam perangkat pengisi daya berbentuk. Varian memiliki proporsi dan bahan pelunak yang berbeda dan mencakup komposisi C-2, komposisi C-3, dan komposisi C-4.[1][2][3][4]

Istilah komposisi digunakan untuk setiap bahan peledak yang diracik dari beberapa bahan. Khususnya, pada tahun 1940-an format "Komposisi <huruf>" digunakan untuk berbagai komposisi RDX eksplosif (yang relatif) baru, seperti Komposisi B dan varian lainnya.

Bahan aslinya dikembangkan oleh Inggris selama Perang Dunia II, dan digunakan dalam bom Gammon. Itu distandarisasi sebagai Komposisi C ketika diperkenalkan ke layanan AS. Bahan ini terdiri dari 88,3% RDX dan bahan pemlastis dan phlegmatiser berbahan dasar minyak mineral. Ia mengalami rentang suhu servis yang relatif terbatas, dan digantikan oleh Komposisi C-2 sekitar tahun 1943.

Komposisi C-1 mengandung proporsi RDX yang sedikit lebih kecil, tetapi menggunakan bahan pemlastis eksplosif, yang mengandung tetril, nitroselulosa dan campuran nitroaromatik yang dihasilkan selama pembuatan TNT (mengandung trinitrotoluena, dinitrotoluena, dan mononitrotoluena), dan sedikit pelarut.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rudolf Meyer; Josef Köhler; Axel Homburg (2002). ExplosivesAkses gratis dibatasi (uji coba), biasanya perlu berlangganan. Wiley-VCH. hlm. 63. ISBN 9783527302673. 
  2. ^ OARDEC (2005-11-23). "Unclassified Summary of Evidence for Administrative Review Board in the case of Nashir, Sa id Salih Sa id" (PDF). United States Department of Defense. hlm. 7–9. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2008-12-01. Diakses tanggal 2008-12-07. The detainee was trained to use the Kalashnikov rifle, rocket propelled grenades, hand grenades , land mines, Composition-3 (C-3) and Composition-4 (C-4) explosives. 
  3. ^ Urbanski Tadeusz (1985) [1984]. Chemistry and Technology of Explosives. Volumes I–IV (edisi ke-second). Oxford: Pergamon. 
  4. ^ GlobalSecurity.org. "Explosives - Compositions". Composition-3 (C-3) and Composition-4 (C-4) explosives, Semtex.