Komitas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Komitas
Vardapet
Komitas di tahun 1901[1] atau tahun 1902[2]
Nama asalԿոմիտաս
LahirSoghomon Soghomonian
26 September [K.J.: ] 1869
Kütahya, Turki Utsmaniyah
Meninggal22 Oktober 1935(1935-10-22) (umur 66)
Paris, Prancis
MakamPantheon Komitas
KebangsaanArmenia
PendidikanSeminari Gevorgia
Universitas Frederick William
PekerjaanPendeta, Ahli Musik, Komponis
Tahun aktif1891–1915
Situs webkomitasmuseum.am
Tanda tangan

Soghomon Soghomonian (bahasa Armenia: Սողոմոն Սողոմոնյան; lahir 8 Oktober [K.J.: 26 September] 1869 – 22 October 1935), yang kemudian ditahbiskan dan dikenal sebagai Komitas[A], (bahasa Armenia: Կոմիտաս) adalah seorang berkebangsaan Armenia yang dikenal sebagai pendeta, ahli musik, komponis, penata gubah, penyanyi dan pemimpin paduan suara gereja. Komitas juga diyakini sebagai orang yang mendirikan Sekolah Musik Nasional Armenia[5][6]. Ia diakui sebagai salah satu dari pelopor etnomusikologi[7][8].

Komitas merupakan seorang yatim piatu sejak kecil. Kemudian ia dibawa ke Etchmiadzin yang merupakan pusat keagamaan Armenia, dimana ia menerima pendidikan di Seminari Gevorgia. Setelah ditahbiskan sebagai seorang vardapet (pendeta yang hidup selibat) pada tahun 1895, Komitas mempelajari musik di Universitas Frederick William (sekarang dikenal sebagai Universitas Hamboldt Berlin). Setelahnya, Komitas menggunakan ilmunya yang didapatkan di universitas untuk membangun sebuah tradisi nasional[9]. Komitas mengumpulkan dan menulis lebih dari tiga ribu jenis musik rakyat Armenia, dimana lebih dari setengahnya hilang dan hanya sekitar 1200 karyanya saja yang masih bertahan hingga saat ini. Disamping itu, selain fokus pada musik rakyat Armenia, Komitas juga tertarik dengan kebudayaan lain dan pada tahun 1903 ia menerbitkan koleksi pertamanya tentang lagu-lagu rakyat Kurdi yang diberi judul Kurdish Melodies. Pertunjukan paduan suaranya juga menampilkan musik-musik khas Armenia yang diselenggarakan di kota-kota yang ada di Eropa, yang kemudian mendapat pujian dari Claude Debussy dan lain-lain. Komitas kemudian pindah ke Istanbul pada tahun 1910 untuk menghindari penganiayaan yang dilakukan oleh kaum agamawan ultra-konservatif di Etchmiadzin dan mulai mengenalkan musik rakyat Armenia dalam pertunjukan besar. Ia secara luas dirangkul oleh komunitas-komunitas musik Armenia dan bahkan Arshag Chobanian menggelarinya sebagai "juru selamat musik Armenia"[10].

Selama Genosida Armenia, Komitas bersama dengan ratusan intelektual Armenian ditangkap dan dideportasi ke sebuah kamp konsentrasi pada bulan April 1915 oleh pemerintahan Utsmaniyah. Komitas kemudian dibebaskan dibawah keadaan yang tidak jelas dan menyaksikan kekejaman yang tak pandang bulu dan pembantaian-pembantaian terhadap para rakyat Armenia yang dilakukan oleh Turki Utsmani. Komitas kemudian menderita gangguan mental dan terkena Post-Traumatic Stress Disorder. Banyaknya laporan-laporan kematian dan pembantaian rakyat Armenia dan diperburuk dengan kondisi lingkungan disekitarnya yang tidak bersahabat semakin memperparah kondisi mental Komitas. Komitas kemudian ditempatkan disebuah rumah sakit sampai 1919 dan kemudian dipindahkan ke rumah sakit jiwa di Paris, dimana ia menghabiskan tahun-tahun terakhir hidupnya dalam kesengsaraan. Komitas juga dipandang sebagai martir Genosida Armenia dan telah digambarkan sebagai salah satu simbol utama Genosida Armenia dalam bidang seni[11].

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ia dikenal sebagai Komitas atau Gomidas. Gelar gerejawinya, Vardapet, terkadang digunakan juga. Pada awal tahun 1900-an, ia kerap menandatangani berkas sebagai Soghomon Gevorgian (Kervorkian atau Keworkian)[3] after the Gevorgian Seminary.[4].

Daftar Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Soulahian Kuyumjian 2001, hlm. 46.
  2. ^ "Etchmiadzin. 1902". Virtual Museum of Komitas. Diakses tanggal 21 February 2014. 
  3. ^ "The Monthly Musical Record". The Monthly Musical Record. London: Augener. 30: 15. 1900. 
  4. ^ Soulahian Kuyumjian 2001, hlm. 45–46.
  5. ^ Editorial Board (1969). "Հայ ազգային երաժշտության հիմնադիրը [The Founder of Armenian National Music]". Lraber Hasarakakan Gitutyunneri (dalam bahasa Armenia). Yerevan: Armenian Academy of Sciences (11): 3–6. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 May 2017. Diakses tanggal 29 November 2014. 
  6. ^ "Komitas". Encyclopædia Britannica. Diakses tanggal 26 January 2014. Komitas [...] created the basis for a distinctive national musical style in Armenia. 
  7. ^ Poladian 1972: "He was among the pioneers in ethnomusicology, a younger contemporary of Carl Stumpf (1848–1936)."
  8. ^ McCollum, Jonathan Ray (2004). "Music, Ritual, And Diasporic Identity: A Case Study Of The Armenian Apostolic Church" (PDF). University of Maryland. hlm. 11. Diakses tanggal 4 February 2014. Komitas Vardapet, considered a pioneer in ethnomusicology, turned his attention to the anthropological, sociological, and historical aspects of comparative musicology. 
  9. ^ Crutchfield, Will (5 October 1987). "Music Noted in Brief; Choir From Armenia at Avery Fisher Hall". The New York Times. Diakses tanggal 26 January 2014. 
  10. ^ Soulahian Kuyumjian 2001, hlm. 51.
  11. ^ Soulahian Kuyumjian, Rita. Archeology of Madness: Komitas, Portrait of an Armenian Icon. Edition: 2, Reading, England: Taderon Press; Princeton, NJ: Gomidas Institute, 2001, p. 3.