Koalisi (Australia)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Koalisi Liberal–Nasional
KetuaPeter Dutton
Wakil KetuaDavid Littleproud
Dibentuk1923; 101 tahun lalu (1923)
Kantor pusatCanberra, ACT
Ideologi
Posisi politikKanan tengah[1][2]
Partai anggota
Dewan Perwakilan
57 / 151
Senat
35 / 76

Koalisi Liberal–Nasional, umumnya dikenal sebagai "Koalisi", adalah sebuah aliansi yang terdiri dari beberapa partai politik berporos kanan tengah yang membentuk salah satu dari dua kelompok besar di dalam kancah perpolitikan federal Australia. Dua partai anggota Koalisi adalah Partai Liberal Australia dan Partai Nasional Australia (juga pernah dikenal dengan nama Partai Negara atau Partai Negara Nasional). Lawan utama Koalisi adalah Partai Buruh Australia (ALP)—kedua kelompok besar ini seringkali dianggap beroperasi dalam sistem dua partai. Koalisi terakhir kali berkuasa sejak pemilihan umum tahun 2013, sebelum dilengserkan usai kalah dalam pemilihan umum tahun 2022. Koalisi ini dipimpin oleh Scott Morrison sebelum pemilihan umum tahun 2022, ketika dia mundur sebagai ketua. Jabatannya dilanjutkan oleh Peter Dutton.

Kedua partai dalam Koalisi memiliki basis pemilih yang berbeda. Partai Liberal–partai yang lebih besar–menarik sebagian besar suara mereka dari daerah perkotaan, sementara Partai Nasional beroperasi hampir secara eksklusif di wilayah pedesaan dan daerah. Kedua partai menempati poros yang hampir sama di dalam spektrum politik, yaitu kanan tengah, meskipun ada ideologi-ideologi tertentu lain di setiap partai. Kemitraan antara kedua partai ini dimulai pada tahun 1946, tak lama setelah Partai Liberal dibentuk, dan terus berlanjut hampir tanpa gangguan sejak saat itu. Partai Negara juga mempertahankan aliansi serupa dengan pendahulu Partai Liberal, Partai Persatuan Australia dan Partai Nasionalis, serta dengan partai-partai serupa di tingkat negara bagian. Kerja sama tingkat federal semacam itu pertama kali dibentuk pada tahun 1923, sebagai solusi untuk menghindari parlemen gantung yang pernah terjadi pada pemilihan umum tahun 1922.

Partai Liberal dan Nasional mempertahankan sayap-sayap organisasi yang terpisah dan partai parlementer yang terpisah, tetapi bekerja sama dalam berbagai cara yang ditentukan oleh beragam kesepakatan, baik itu perjanjian formal dan konvensi informal antara keduanya. Koalisi memiliki tempat duduk frontbench tunggal, baik ketika sedang memerintah maupun ketika menjadi oposisi, dengan masing-masing partai menerima jumlah jabatan yang proporsional. Secara konvensi, Ketua Partai Liberal bertindak sebagai pemimpin keseluruhan Koalisi, menjabat sebagai perdana menteri ketika Koalisi menguasai pemerintahan dan pemimpin oposisi ketika Koalisi menjadi oposisi. Ketua Partai Nasional menjadi wakil perdana menteri ketika Koalisi berkuasa. Kedua partai bekerja sama dalam kampanye pemilihan umum federal mereka, mendorong calon bersama untuk Senat di sebagian besar negara bagian, dan umumnya menghindari pencalonan satu sama lain di Dewan Perwakilan.

Penggabungan Partai Liberal dan Nasional telah diusulkan pada beberapa kesempatan, tetapi tidak pernah ditindaklanjuti secara serius. Hubungan antara kedua partai bervariasi di tingkat negara bagian dan wilayah. Situasi di New South Wales dan Victoria tidak jauh beda dengan di tingkat federal, sementara di Australia Barat, partai-partai jauh lebih independen satu sama lain. Di Wilayah Utara, partai-partai lokal bergabung pada tahun 1974 untuk membentuk Partai Liberal Negara (CLP), dan pada tahun 2008 partai-partai lokal tingkat negara bagian Queensland bergabung untuk membentuk Partai Nasional Liberal Queensland (LNP). Anggota LNP dan CLP yang terpilih untuk duduk di parlemen federal tidak membentuk partai parlementer yang terpisah, dan justru bergabung dengan Partai Liberal atau Nasional. Di Australia Selatan, Tasmania, dan ACT, Partai Nasional tidak memiliki anggota parlemen atau bahkan hampir tidak beroperasi sama sekali.

Status Koalisi saat ini[sunting | sunting sumber]

Malcolm Turnbull, Perdana Menteri 2015–sekarang, Pemimpin Partai Liberal 2008-09 dan 2015–sekarang

Tingkat federal[sunting | sunting sumber]

Anggota Partai Koalisi
Partai Liberal Australia
Partai Nasional Australia
Partai Nasional Liberal (QLD)
Partai Negara Liberal (NT)

Anggota utama dari Koalisi di tingkat federal adalah Partai Liberal Australia dan Partai Nasional Australia. Partai Negara Liberal di Wilayah Utara berpartisipasi dalam Koalisi dengan berafiliasi pada Partai Nasional (walaupun satu-satunya anggota parlemen federal dari CLP duduk bersama Partai Liberal), dan Partai Nasional Liberal dari Queensland berpartisipasi dengan berafiliasi pada Partai Liberal (meskipun beberapa anggota parlemen federal dari LNP duduk bersama Partai Nasional).

Sejarah dari pembentukan Koalisi dapat ditilik dari pemilihan federal Australia 1922, ketika Partai Nasionalis, pesaing Partai Buruh waktu itu, mengalami kekalahan besar sejak pembentukannya di 1917. Pasangan koalisi Partai Nasionalis yang paling realistis waktu itu hanyalah Partai Negara yang baru berumur 2 tahun. Namun, ketua Partai Negara Earle Page tidak pernah mempercayai Perdana Menteri dari Partai Nasionalis, Billy Hughes, dan meminta Hughes mengundurkan diri bahkan sebelum Page mempertimbangkan koalisi dengan Nasionalis. Hughes mengundurkan diri, dan Page kemudian bernegosiasi dengan pemimpin Partai Nasionalis yang baru, Stanley Bruce. Bruce setuju untuk berkoalisi agar menghindari pemilihan ulang. Koalisi Nasionalis–Negara terpilih kembali hingga dua kali, dan tetap berada sebagai pemerintahan hingga akhirnya kalah dalam pemilihan tahun 1929.

Partai Negara bersama partai penerus Nasionalis, Partai Australia Bersatu (UAP) berkoalisi kembali pada pemilihan federal 1931. Koalisi ini berhasil membentuk pemerintahan dengan total 56 kursi di parlemen (38 kursi dibutuhkan untuk dapat membentuk pemerintahan). Koalisi ini kembali menang pada pemilihan federal 1934, dan koalisi ini tetap berada di kekuasaan hingga kembalinya Partai Buruh di kekuasaan pada tahun 1941. Koalisi ini pecah setelah mengalami kekalahan pada pemilihan federal 1943, tetapi Partai Negara dan partai penerus UAP, Partai Liberal, memperbarui kesepakatan mengenai koalisi untuk menghadapi pemilihan federal 1946. Koalisi ini akhirnya memenangi pemilihan federal 1949, dan bertahan sebagai pemerintah dengan rekor 23 tahun. Sejak 1946, Koalisi tetap utuh dengan dua pengecualian, keduanya ketika berada sebagai oposisi: ketika kedua partai memutuskan untuk tidak membentuk koalisi sebagai oposisi setelah pemilihan federal 1972, tetapi kembali berkoalisi meskipun masih sebagai pihak oposisi setelah pemilihan federal 1974.[3] Kedua partai ini tetap bersama walau kembali lagi menjadi oposisi setelah pemilihan federal 1983. Koalisi ini pecah kembali, terkait dengan kampanye "Joh untuk Canberra", dari bulan April sampai Agustus 1987, koalisi ini kembali bersatu setelah pemilihan federal 1987.[4]

Kekompakkan dari Koalisi begitu kuat hingga walaupun Partai Liberal sebenarnya dapat membentuk pemerintahan tanpa perlu berkoalisi di tahun 1975, 1977 dan 1996, Liberal memilih untuk tetap berkoalisi.

Tingkat negara bagian[sunting | sunting sumber]

Status dari Koalisi bervariasi di setiap negara bagian. Di bawah ini merupakan status dari Koalisi di tingkat negara bagian:

  • New South Wales: Koalisi antara Partai Liberal dan Nasional ada di New South Wales. Partai Liberal dipimpin oleh Mike Baird dan Partai Nasional oleh Troy Grant. Koalisi ini memenangkan pemilihan negara bagian 2011 dengan selisih besar dari pesaing terdekatnya. Koalisi telah ada dalam berbagai bentuk dan tidak terputus sejak 1927. New South Wales adalah satu-satunya negara bagian di mana Koalisi tidak pernah pecah. Walaupun di pemilihan negara bagian 2011, Liberal dapat membentuk pemerintahan negara bagian tanpa berkoalisi, tetapi Liberal masih memilih untuk berkoalisi.
Koalisi
Parlemen NSW
54 / 93
Parlemen Vic
38 / 88
Parlemen QLD
42 / 89
Parlemen Australia Barat
38 / 59
Parlemen Australia Selatan
21 / 47
Parlemen Tasmania
15 / 25
Parlemen Wilayah Ibu Kota Australia
8 / 17
Parlemen Wilayah Utara
12 / 25
  • Queensland: Queensland adalah satu-satunya negara bagian dengan Partai Nasional sebagai partai non-Buruh terkuat. Partai Nasional merupakan rekan senior di dalam Koalisi non-Buruh dari tahun 1925 sampai Koalisi pecah pada tahun 1983. Pada pemilihan negara bagian yang diselenngarakan 2 bulan kemudian, Partai Nasional di bawah kepemimpinan Joh Bjelke-Petersen hanya kurang satu kursi untuk mendapat mayoritas di parlemen Queensland, tetapi kemudian mendapat mayoritas ketika dua anggota parlemen Queensland dari Partai Liberal berganti partai menjadi Partai Nasional. Partai Nasional kemudian memerintah dengan tanpa koalisi hingga tahun 1989. Koalisi disepakati kembali pada tahun 1991, dan berada di bawah kepemimpinan Rob Borbidge dari tahun 1996 sampai 1998. Pada tahun 2008, kedua partai setuju untuk bersatu, membentuk Partai Nasional Liberal, di bawah kepemimpinan Lawrence Springborg yang dulunya anggota Partai Nasional. Walaupun partai ini didominasi oleh anggota Partai Nasional, partai ini mempunyai hak suara penuh dalam Partai Liberal tingkat federal dan status peninjau dalam Partai Nasional tingkat federal. Springborg turun dari jabatannya pada tahun 2009, dan digantikan oleh John-Paul Langbroek yang dulunya anggota Partai Liberal. LNP memenangi pemilihan negara bagian 2012 dengan mutlak di bawah kepemimpinan mantan anggota Partai Liberal Campbell Newman, yang menggantikan Langbroek setahun yang lalu. Namun, partai ini kalah di pemilihan negara bagian 2015, dan Springborg kembali menjadi pemimpin partai. Pada tingkat federal, enam anggota parlemen dari LNP duduk bersama dengan Partai Nasional dan 16 lainnya duduk bersama dengan Partai Liberal. Senator dari LNP Matthew Canavan duduk bersama dengan Partai Nasional, sementara empat senator LNP lainnya duduk bersama dengan Partai Liberal. Tokoh penting dari anggota parlemen LNP baru-baru ini dulunya merupakan ketua Partai Nasional tingkat federal dan merupakan Wakil Perdana Menteri Warren Truss. LNP mempunyai perjanjian informal dengan partainya di tingkat federal mengenai anggota parlemen dari LNP dapat memilih akan duduk bersama dengan partai lainnya. Anggota parlemen petahana mempertahankan afiliasi dengan partai tingkat federal sebelumnya, sementara anggota parlemen yang baru terpilih akan duduk bersama partai ia sebelumnya. Pembagian divisi dari kursi ditentukan dari kursi yang diperoleh atau kursi yang tidak pernah dimenangi oleh Koalisi.[5] Dalam praktiknya, sebagian besar anggota parlemen LNP dari Brisbane dan Gold Coast duduk bersama dengan Partai Liberal, sementara yang berasal dari wilayah negara bagian lainnya akan duduk bersama dengan Partai Nasional.
  • Australia Selatan: Kedua cabang partai di negara bagian ini bersatu pada tahun 1932 untuk membentuk Liga Liberal dan Negara (LCL). Sebuah Partai Negara yang terpisah (kemudian bernama Nationals SA) didirikan kembali pada tahun 1963. Walau partai utama non-Buruh di Australia Selatan terus menggunakan nama LCL hingga 1973, ketika LCL menjadi cabang Australia Selatan dari Partai Liberal, Nationals SA tidak pernah sukses di Australia Selatan, karena populasi negara bagian yang sangat tersentralisasi (75% populasi Australia Selatan tinggal di Adelaide) dengan dukungan kuat Partai Liberal di wilayah rural akan membuat dukungan untuk Partai Nasional tidak akan banyak di wilayah Australia lainnya.
  • Tasmania: Partai Nasional tidak pernah berhasil Tasmania, walau ketua pertamanya, William McWilliams, seorang warga Tasmania. Cabang Partai Negara dari Tasmania terbentuk pada tahun 1922 tetapi bergabung dengan Partai Nasionalis pada tahun 1924. Partai Negara sempat didirikan lagi pada tahun 1962, tetapi tidak begitu sukses. Partai Nasional cabang Tasmania sempat didirikan lagi pada tahun 1990-an sebelum pada akhirnya bubar, sehingga hanya tersisa Partai Liberal sebagai pesaing terbesar Partai Buruh di Tasmania.[6]
  • Victoria: Koalisi antara Partai Liberal and Nasional terjadi di Victoria. Partai Liberal dipimpin oleh Matthew Guy[7] dan Partai Nasional oleh Peter Walsh.[8] Partai Negara sempat menjadi rekan koalisi yang kuat dalam berbagai kesempatan dari tahun 1920-an sampai 1950-an, dan pemimpin partai menjabat sebagai Premier Victoria dalam lima kesempatan yang berbeda. Namun, hubungan antar dua partai memburuk selama separuh kedua pada abad ke-20. Mereka bertarung dalam pemilihan secara terpisah dari 1952 sampai 1989, tetapi pada akhirnya berkoalisi dan menang pada pemilihan negara bagian tahun 1992 dan 1999 di bawah kepemimpinan Jeff Kennett. Ketika Peter Ryan menjadi pemimpin Partai Nasional segera setelah pemilihan negara bagian tahun 1999, Ia membatalkan perjanjian koalisi yang membuat Partai Nasional mengikuti pemilihan negara bagian tahun 2002 dan 2006 secara terpisah dari Partai Liberal. Namun, perjanjian Koalisi diperbarui kembali pada tahun 2008 dan Partai Liberal and Nasional di Victoria kembali mengikuti pemilihan negara bagian tahun 2010 sebagai Koalisi. Koalisi di bawah kepemimpinan Ted Baillieu berhasil memenangkan pemilihan ini dengan selisih satu kursi dari Partai Buruh. Ted Baillieu mengundurkan diri pada tahun 2013 dan digantikan oleh Denis Napthine. Koalisi ini kalah pada tahun 2014.
  • Australia Barat: Partai Negara merupakan rekan koalisi yang lebih kuat dari pemilihan negara bagian tahun 1933 sampai pemilihan negara bagian tahun 1947, walapun Koalisi tidak membentuk pemerintahan pada periode ini. Australia Barat tidak pernah dipimpin oleh premier yang berasal dari Partai Negara/Nasional. Partai Nasional Australia Barat berada di koalisi dengan pemerintahan negara bagian Partai Liberal dari tahun 1993 sampai 2001, tetapi koalisi ini pada akhirnya pecah. Pada tahun 2008, Partai Liberal, Partai Nasional, dand anggota parlemen independen membentuk pemerintahan setelah pemilihan negara bagian pada tahun 2008, tetapi koalisi ini tidak digambarkan seperti sebuah "koalisi tradisional", melainkan dengan tanggung jawab kolektif kabinet untuk anggota kabinet dari Partai Nasional.[9] Pemimpin dari Partai Liberal di Australia Barat adalah Premier Colin Barnett dan pemimpin Partai Nasional adalah Terry Redman. Tony Crook terpilih sebagai anggota parlemen dari Partai Nasional Australia Barat untuk wilayah pemilihan O'Connor di pemilihan federal 2010. Walau beberapa laporan menganggap Crook sebagai anggota parlemen dari Partai Nasional, dan menjadi bagian dari Koalisi, Crook mengambil posisi sebagai crossbencher.[10] Partai Liberal memenangkan kursi secara mayoritas pada pemilihan negara bagian tahun 2013, tetapi Barnett telah mengumumkan sebelum pemilihan bahwa partainya akan tetap berkoalisi dengan Partai Nasional.[11]

Wilayah[sunting | sunting sumber]

  • Wilayah Ibu Kota Australia: Partai Nasional tidak terdapat di Wilayah Ibu Kota Australia, sehingga Partai Liberal merupakan satu-satunya partai besar di wilayah tersebut selain Partai Buruh.
  • Wilayah Utara: Cabang dari kedua partai di Wilayah Utara bergabung pada tahun 1974, membentuk Partai Negara Liberal (CLP). CLP memerintah Wilayah Utara dari tahun 1974 sampai 2001, dan kembali berkuasa pada tahun 2012. CLP mempertahankan hak suara penuh dalam Partai Nasional tingkat federal, dan status peninjau dalam Partai Liberal tingkat federal. Anggota CLP yang duduk dalam parlemen tingkat federal akan diinstruksikan oleh CLP untuk duduk bersama dengan Partai Liberal atau Nasional tingkat federal.[12] Senator dari CLP Nigel Scullion merupakan pemimpin Senator dari Partai Nasional dari tahun 2007 sampai 2008, ketika dia digantikan oleh Barnaby Joyce. Scullion juga merupakan wakil ketua Partai Nasional dari tahun 2007 hingga 2013, kemudian digantikan oleh Joyce. Setelah Joyce berhasil mendapatkan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat pada pemilihan federal 2013, Senator Scullion kembali sebagai pemimpin Senator dari Partai Nasional. Satu-satunya anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari CLP, Natasha Griggs, duduk bersama dengan Partai Liberal.

Terminologi[sunting | sunting sumber]

Karena koalisi ini sangat kompak dan telah ada hingga hampir 100 tahun dengan hanya beberapa perpecahan sebentar di beberapa waktu tertentu, sebagian besar pengamat politik dan masyarakat umum sering menganggap Koalisi merupakan satu partai. Hasil jajak pendapat dan pemilihan biasanya hanya menuliskan suara yang diperoleh Koalisi secara keseluruhan dan Partai Buruh. Komisi Pemilihan Australia membedakan antara suara untuk partai "tradisional" (Koalisi/Buruh), dan partai "non-tradisional" (Independen, Hijau). Pada pemilihan federal 2010, kandidat yang akan mendapat delapan kursi yang tersisa pada waktu itu ditentukan dengan cara mengalihkan suara dari kandidat yang kalah ke kandidat yang dipilih lainnya (Australia menganut sistem pemilihan voting preferensial).[13]

Hasil pemilihan tingkat Federal[sunting | sunting sumber]

Dewan Perwakilan Rakyat[sunting | sunting sumber]

Pemilihan Suara total % suara Bertindak sebagai Ketua
1925 1.551.760 53,20% Pemerintahan Mayoritas (NP-CP) Stanley Bruce
1928 1.286.208 49,56% Pemerintahan Mayoritas (NP-CP) Stanley Bruce
1929 1.271.619 44,17% Oposisi Stanley Bruce
1931 1.533.627 48,35% Pemerintahan Mayoritas (UAP-CP) Joseph Lyons
1934 1.618.946 45,58% Pemerintahan Mayoritas (UAP-CP) Joseph Lyons
1937 1.774.805 49,26% Pemerintahan Mayoritas (UAP-CP) Joseph Lyons
1940 1.703.185 43,93% Pemerintahan Minoritas (UAP-CP) Robert Menzies
1943 948.750 23,01% Oposisi Arthur Fadden
1946 1.706.387 39,28% Oposisi Robert Menzies
1949 2.314.143 50,26% Pemerintahan Mayoritas (LP-CP) Robert Menzies
1951 2.298.512 50,34% Pemerintahan Mayoritas (LP-CP) Robert Menzies
1954 2.133.979 46,82% Pemerintahan Mayoritas (LP-CP) Robert Menzies
1955 2.093.930 47,63% Pemerintahan Mayoritas (LP-CP) Robert Menzies
1958 2.324,500 46,55% Pemerintahan Mayoritas (LP-CP) Robert Menzies
1961 2.208.213 42,09% Pemerintahan Mayoritas (LP-CP) Robert Menzies
1963 2.520.321 46,03% Pemerintahan Mayoritas (LP-CP) Robert Menzies
1966 2.853.890 49,98% Pemerintahan Mayoritas (LP-CP) Harold Holt
1969 2.649.219 43,33% Pemerintahan Mayoritas (LP-CP) John Gorton
1972 2.737.911 41,48% Oposisi William McMahon
1974 3.319.220 44,91% Oposisi Billy Snedden
1975 4.102.078 53,05% Pemerintahan Mayoritas (LP-NCP) Malcolm Fraser
1977 3.811.340 48,10% Pemerintahan Mayoritas (LP-NCP) Malcolm Fraser
1980 3.853.549 46,40% Pemerintahan Mayoritas (LP-NCP-CLP) Malcolm Fraser
1983 3.783.595 43,57% Oposisi Malcolm Fraser
1984 3.872.707 44,69% Oposisi Andrew Peacock
1987 4.236.238 45,91% Oposisi John Howard
1990 4.302.127 43,46% Oposisi Andrew Peacock
1993 4.681.822 44,27% Oposisi John Hewson
1996 5.103.859 46,90% Pemerintahan Mayoritas (LP-NP-CLP) John Howard
1998 4.352.795 39,18% Pemerintahan Mayoritas (LP-NP) John Howard
2001 4.887.998 43,01% Pemerintahan Mayoritas (LP-NP-CLP) John Howard
2004 5.471.588 46,70% Pemerintahan Mayoritas (LP-NP-CLP) John Howard
2007 5.229.024 42,09% Oposisi John Howard
2010 5.365.529 43,32% Oposisi Tony Abbott
2013 5.882.818 45,55% Pemerintahan Mayoritas (LP-LNP-NP-CLP) Tony Abbott
2016 5.882.818 45,55% Pemerintahan Mayoritas (LP-LNP-NP-CLP) Malcolm Turnbull

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ian Marsh (2006). "Australia's political cartel? Major parties and the party system in the era of globalisation". Political Parties in Transition?. Federation Press. hlm. 17. ISBN 978-1-86287-593-7. 
  2. ^ Irial Glynn (2016). Asylum Policy, Boat People and Political Discourse: Boats, Votes and Asylum in Australia and Italy. Palgrave Macmillan UK. hlm. 2. ISBN 978-1-137-51733-3. 
  3. ^ Paul Davey (2006). The Nationals: The Progressive, Country, and National Party in New South Wales 1919–2006. Annandale, NSW: Federation Press. hlm. 39–40. Diakses tanggal 18 August 2013. 
  4. ^ "Origins". The Nationals. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-08-27. Diakses tanggal 18 August 2013. 
  5. ^ King, Madonna (18 May 2010). "LNP differences a Coalition headache". The Drum. Australian Broadcasting Corporation. 
  6. ^ Petrow, Stefan: Country Party, The Companion to Tasmanian History (University of Tasmania).
  7. ^ "Matthew Guy elected as new Liberal Party leader in Victoria". ABC News. 4 Dec 2014. Diakses tanggal 10 February 2015. 
  8. ^ Savage, Alison. "Peter Walsh takes over National Party leadership with new MP as deputy". ABC News. Diakses tanggal 10 February 2015. 
  9. ^ "Labor's clean sweep broken". News.com.au. Sydney: News Limited. 14 September 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-06-19. Diakses tanggal 14 September 2008. 
  10. ^ Ker, Peter (26 August 2010). "Don't count me among Coalition, says Nat". The Age. Melbourne: Fairfax Media. Diakses tanggal 1 February 2011. 
  11. ^ David Weber (11 March 2013). "Counting resumes for WA election but won't change decisive Barnett victory". Australian Broadcasting Corporation. Diakses tanggal 11 March 2013. 
  12. ^ "History of the Country Liberals". Northern Territory: Country Liberal Party. 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-08-29. Diakses tanggal 24 August 2010. 
  13. ^ "Non-classic Divisions". Australian Electoral Commission. 2010. Diakses tanggal 7 November 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]