Partai Nasional Australia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Partai Nasional Australia
PresidenLarry Anthony
PemimpinMichael McCormack
WakilBridget McKenzie
SloganFor Regional Australia
Didirikan20 Januari 1920
(sebagai Partai Negara Australia)
Kantor pusatJohn McEwen House
7 National Circuit
Barton, ACT 2600
Sayap pemudaYoung Nationals
IdeologiKonservatisme
Agrarianisme
Posisi politikKanan tengah
Afiliasi nasionalKoalisi Liberal–Nasional
Warna resmi          Hijau dan kuning
Dewan Perwakilan
16 / 150
Senat
6 / 76
Situs web
http://www.nationals.org.au/

Partai Nasional Australia (bahasa Inggris: National Party of Australia, juga dikenal sebagai The Nationals atau The Nats) adalah sebuah partai politik di Australia. Secara tradisional, partai ini mewakili para peternak, petani, dan pemilih pedesaan pada umumnya. Partai ini pada awalnya bernama Partai Negara Australia yang didirikan pada tahun 1920 di tingkat federal. Kemudian secara singkat mengadopsi nama Partai Negara Nasional pada tahun 1975, sebelum berubah nama menjadi yang seperti saat ini pada tahun 1982.

Di dalam pemerintahan, baik secara federal, dan di New South Wales, serta sampai batas tertentu di Victoria dan secara historis di Australia Barat, Partai Nasional Australia selalu menjadi partai kecil di dalam Koalisi bersama dengan Partai Liberal Australia, dan pemimpin Partai Nasional Australia biasanya bertugas sebagai Wakil Perdana Menteri. Jika berada dalam keadaan sebagai Oposisi, Koalisi tadi biasanya tetap ada, namun pada umumnya masih terus bekerja sama dengan Partai Liberal Australia (dan partai pendahulu mereka Partai Nasionalis Australia dan Partai Persatuan Australia). Di Queensland, Partai Nasional Australia adalah partai koalisi senior antara tahun 1925 dan 2008, setelah itu mereka bergabung atau merger dengan Partai Liberal Australia untuk membentuk Partai Liberal Nasional (LNP).

Pemimpin Partai Nasional saat ini adalah Michael McCormack, yang memenangkan pemilihan pemimpin partai menyusul pengunduran diri Barnaby Joyce pada Februari 2018.[1] Wakil pemimpin Partai Nasional, sejak 7 Desember 2017, adalah Bridget McKenzie.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kenny, Mark (26 Februari 2018). "Michael McCormack new Deputy Prime Minister, Nationals leader". The Sydney Morning Herald. Diakses tanggal 26 Februari 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]