Kitāb al-Hayawān

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kitāb al-Ḥayawān (كتاب الحيوان; bahasa Inggris: Book of Animals; bahasa Indonesia: Kitab Hewan) adalah terjemahan bahasa Arab dalam 19 risalah (maqālāt).

Historia Animalium: risalah 1-10
De Partibus Animalium: risalah 11-14
De Generatione Animalium: risalah 15-19

Tradisi Arab Abad Pertengahan menganggap terjemahan itu berasal dari Yahya Ibn al-Batriq, tetapi ilmuwan kontemporer tidak mendukung atribusi ini. Versi bahasa Arab ini adalah sumber terjemahan Latin De Animalibus oleh Michael Scot[1] di Toledo sebelum 1217.[2] Beberapa versi manuskrip lengkap ada di Leiden, London, dan Teheran)[3] tetapi teksnya telah diedit dalam volume terpisah sesuai dengan tiga sumber Aristotelian. Filsuf eksistensialis Mesir Abdel Rahman Badawi mengedit Risalah 1-10 (Historia Animalium) sebagai Ṭibā ‘al-Ḥayawān[4] dan Risalah 11-14 (De Partibus Animalium) sebagai Ajzā al-Ḥayawān.[5] Risalah 15-19 (De Generatione Animalium) pertama kali muncul dalam seri Semitik-Latin Aristoteles pada tahun 1971.[6] Seri ini kemudian menerbitkan Risalah 11-14 pada 1979[7] dan Risalah 1-10 pada 2018.[8]

Referensi dalam filsafat[sunting | sunting sumber]

Buku yang pertama kali disebutkan muncul dalam sebuah teks oleh filsuf Arab Al-Kindī (w. 850). Ibnu Sīnā (Avicenna) tampaknya memiliki pengetahuan langsung tentang kitab tersebut, saat ia memparafrasekan dan mengomentari teks lengkap dalam ensiklopedia Al-Shifā'. Di Spanyol, filsuf abad ke-12 Ibn Bājjah (Avempace) menulis tentang De Partibus dan De Generatione. Telah dikomentari bahwa orang biasanya menemukan referensi ke Historia di dunia Islam Timur, sedangkan dua buku lainnya umumnya merujuk di Barat, dan sesuai dengan pola ini, Ibnu Rusyd (Averroes), seperti Ibnu Bājja, menulis komentar tentang De Partibus dan De Generatione (lihat di bawah), di mana dia mengkritik tafsiran Ibnu Sīnā.

Referensi dalam zoografi[sunting | sunting sumber]

Halaman dari Kitāb al-Hayawān oleh Al-Jahiz.

Kitāb al-hayawān dikenal setidaknya secara tidak langsung oleh beberapa ahli zoografi penting termasuk Al-Jāhiz (Kitāb al-hayawān), Al-Mas'ūdī (Murawwaj adh-dhahab), Abū Hayyān at-Tawhīdī (Al-Imtā 'wa al-mu'ānasa), Al-Qazwīnī (‘Ajā’ib al-makhlūqāt), dan Al-Damīrī (Hayāt al-hayawān). Mereka mungkin mengetahui Kitāb al-hayawān Aristotelian di tangan kedua dari ringkasan bahasa Arab dari bagian-bagian tertentu dari buku tersebut. Satu-satunya ringkasan yang masih ada adalah Maqāla tushtamalu ‘àla fusūl min kitāb al-hayawān, yang dikaitkan (mungkin secara salah) dengan Mūsà bin Maymūn (Moses Maimonides), dan Kompendium Yunani Nicolaus Damascenus setidaknya sebagian tersedia pada abad ke-11.

Dalam Kekristenan Barat[sunting | sunting sumber]

Akhirnya, terjemahan Latin awal abad ke-13 dari Kitāb al-hayawān oleh Michael Scot, De Animalibus, layak disebutkan sebagai sarana transmisi ke Eropa Barat. Roger Bacon menyatakan bahwa orang Skotlandia "telah mengambil alih kredit terjemahan yang lebih tepat dimiliki oleh seorang Andreas si Yahudi." Ini mungkin berarti bahwa dia mendapat bantuan dengan naskah Arab, atau bahwa dia bekerja sepenuhnya atau sebagian dari versi Yudeo-Arab atau Ibrani. De Animalibus Scot tersedia dalam edisi parsial.[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Aafke M.I. Oppenraay, ed. De Animalibus: Michael Scot's Arabic-Latin Translation. 3 volumes. Leiden: Brill, 1992-2020.
  2. ^ Emily Savage-Smith, review of Aristoteles Semitico-Latinus. The Arabic Version of Aristotle's Book of Animals: Books XI-XIV of the Kitāb al-Ḥayawān. Isis 72, n° 4 (1981): 679-680.
  3. ^ Aafke M.I. Van Oppenraay. "Avicenna’s Liber de animalibus (‘Abbreviatio Avicennae’): Preliminaries and State of Affairs." Documenti e studi sulla tradizione filosofica medievale 28 (2017): 403, note 7.
  4. ^ ‘Abd al-Rahmān al-Badawī, ed. Ṭibā‘ al-Ḥayawān. Kuwait: Wikālat al-maṭbū‘āt, 1977.
  5. ^ 'Abd al-Rahmān al-Badawī, ed. Ajzā al-Ḥayawān. Kuwait: Wikālat al-Maṭbū‘āt, 1978.
  6. ^ J. Brugman and J.H. Drossaart Lulofs, eds. Aristotle, Generation of Animals. The Arabic Translation Commonly Ascribed to Yaḥyā ibn al-Biṭrīq. Leiden: Brill, 1971.
  7. ^ J. Brugman and J.H. Drossaart Lulofs, eds. Aristotle, Generation of Animals. The Arabic Translation Commonly Ascribed to Yaḥyā ibn al-Biṭrīq. Leiden: Brill, 1971.
  8. ^ L.S. Filius, ed. The Arabic Version of Aristotle's Historia Animalium: Books I-X of the Kitāb al-Ḥayawān. Leiden: Brill, 2018.
  9. ^ Scot, Michael. De Animalibus. Vols 1-3. Leiden: Brill, 1992