Kista

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kista
Nama lainSista
Bronchogenic cyst high mag.jpg
Mikrograf hasil pewarnaan HE dari kista bronkogenik mediastinal
SpesialisasiPatologi, bedah umum

Kista atau sista (bahasa Inggris: cyst) adalah kantung tertutup dalam tubuh yang memiliki selubung dan mengalami pembelahan yang berbeda dibandingkan dengan jaringan di dekatnya. Oleh karena itu, kista merupakan kumpulan sel yang bersama-sama membentuk kantung; namun, aspek yang berbeda dari kista adalah bahwa sel-sel yang membentuk "cangkang" kantung tersebut bersifat abnormal, baik dalam tampilan maupun perilakunya, bila dibandingkan dengan semua sel di sekitarnya di lokasi tersebut. Kista mungkin berisi udara, cairan, atau bahan semipadat. Meskipun sesuai dengan definisi ini, kumpulan nanah disebut abses alih-alih kista. Setelah terbentuk, kista dapat sembuh dengan sendirinya. Kista yang tidak sembuh mungkin perlu diangkat dengan cara pembedahan, tetapi proses ini bergantung pada jenis dan lokasi kista.

Kista terkait kanker terbentuk sebagai mekanisme pertahanan tubuh setelah terjadi mutasi yang mengarah pada pembelahan sel yang tidak terkendali. Akibat mutasi, sel-sel yang terdampak akan membelah tanpa henti dan menjadi kanker, serta membentuk tumor. Tubuh "membungkus" sel-sel tersebut agar pembelahan tidak berlanjut dan membatasi area tumor, yang kemudian dikenal sebagai kista. Meskipun demikian, sel-sel kanker masih bisa bermutasi lebih jauh dan mengembangkan kemampuan untuk membentuk pembuluh darah sendiri, yang mereka jadikan sebagai media untuk menerima nutrien. Setelah hal ini terjadi, kapsul menjadi tidak berguna, dan tumor dapat berkembang dari jinak menjadi kanker.

Beberapa kista bersifat neoplastik sehingga disebut tumor kistik. Banyak jenis kista bukanlah neoplastik, melainkan displastik atau metaplastik. Pseudokista mirip dengan kista karena memiliki kantung berisi cairan, tetapi tidak memiliki lapisan epitel.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Klasifikasi
Sumber luar