Kilyo ekor-kuas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kilyo ekor-kuas
Phascogale tapoatafa
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Infrakelas:
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Tribus:
Genus:
Phascogale

Temminck, 1824
Spesies tipe
Didelphis penicillata
Shaw, 1800
(= Vivera tapoatafa, F. Meyer, 1793
Spesies

Lihat teks

Kilyo ekor-kuas (anggota genus eponim Phascogale ), juga dikenal sebagai wambengers atau mousesacks,[1] adalah marsupial Australia karnivora dari keluarga Dasyuridae. Ada tiga spesies: kilyo ekor-kuas biasa ( Phascogale tapoatafa ), kilyo ekor-kuas kecil ( P. calura ), dan kilyo ekor-kuas utara ( P. pirata ). Seperti sejumlah spesies dasyurid, pejantan hanya hidup selama satu tahun, mati setelah masa kawin yang hiruk pikuk. Istilah Phascogale diciptakan pada tahun 1824 oleh Coenraad Jacob Temminck mengacu pada phascogale ekor sikat, dan berarti "cerpelai berkantung". Ketiga spesies tersebut terdaftar sebagai Hampir Terancam atau Rentan oleh IUCN .

Jenis[sunting | sunting sumber]

Gambar Nama ilmiah Distribusi
Kilyo ekor-kuas biasaPhascogale tapoatafa Australia tenggara dari Australia Selatan hingga pesisir tengah Queensland, Australia Barat
Kilyo ekor-kuas kecilPhascogale calura Australia Barat barat daya
Kilyo ekor-kuas utaraPhascogale pirata Australia bagian utara.

Daur hidup[sunting | sunting sumber]

Perkawinan umumnya terjadi antara bulan Mei dan Juli. Semua pejantan mati segera setelah kawin. Betina melahirkan sekitar 6 anak sekitar 30 hari setelah kawin. Kilyo ekor-kuas tidak memiliki kantong sebenarnya seperti yang ditemukan pada kebanyakan hewan berkantung lainnya [1] [2] . Sebaliknya, mereka membentuk lipatan kulit sementara - terkadang disebut "kantong semu" [3] di sekitar kelenjar susu selama kehamilan. Anak-anaknya tinggal di area kantong semu ini, menyusui selama kurang lebih 7 minggu sebelum dipindahkan ke sarang tempat mereka tinggal sampai mereka disapih pada usia sekitar 20 minggu. Betina hidup sekitar 3 tahun, dan umumnya menghasilkan satu anak.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ A Hollow Victory - The Morabool News