Kilusang Bagong Lipunan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gerakan Masyarakat Baru
Kilusang Bagong Lipunan
PresidenEfren Rafanan Sr.
Ketua umumImelda Marcos (emerita)
DibentukFebruari 1978; 46 tahun lalu (1978-02)
Dipisah dariPartai Nacionalista
Partai Liberal
Kantor pusat1611 Orcel II Bldg., Quezon Ave., Kota Quezon
IdeologiNasionalisme Filipina
Konservatisme sosial

Historis:
Otoritarianisme
Posisi politikSayap kanan
Afiliasi nasionalUniTeam
Warna  Biru,   Putih, dan   Merah
Kursi di Senat
0 / 24
Kursi di Dewan Perwakilan
0 / 316

Gerakan Masyarakat Baru (Filipina: Kilusang Bagong Lipunan, KBL), yang awalnya bernama Gerakan Masyarakat Baru Nasionalis Serikat, Liberal, et coetera (Filipina: Kilusang Bagong Lipunan ng Nagkakaisang Nacionalista, Liberal, at iba pa, KBLNNL), adalah sebuah partai politik di Filipina. Partai tersebut dibentuk pada 1978, sebagai koalisi payung partai-partai yang mendukung Presiden pada masa itu Ferdinand E. Marcos untuk Batasang Pambansa (Mahkamah Nasional) Sementara, dan merupakan kendaraan politiknya pada masa pemerintahannya. Pada masa setelah era Marcos, partai tersebut direorganisir sebagai partai politik pada 1986.

Sejak 1986, KBL ikut dalam sebagian besar pemilihan nasional dan lokal di Filipina namun sebuah kursi tunggal dalam Dewan Perwakilan di Ilocos Norte sampai saat ini diduduki oleh mantan Ibu Negara Imelda Marcos.

Divisi partai[sunting | sunting sumber]

Pada 20 November 2009, KBL beraliansi dengan Partai Nacionalista (NP) antara Bongbong Marcos dan Senator Ketua NP Manny Villar di Laurel House, Kota Mandaluyong.[1] Bongbong kemudian dihapuskan sebagai anggota oleh Komite Eksekutif Nasional KBL pada 23 November.[2] Selain itu, NP berpecah aliansinya dengan KBL karena konflik dalam pada partai tersebut meskipun Bongbong masih menjadi bagian dari garis Senatorial NP.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Feed a hungry child this Christmas". philstar.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-02-08. Diakses tanggal 19 April 2015. 
  2. ^ "Filing of COCs at Comelec on Day 4". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-09-09. Diakses tanggal 19 April 2015. 

Templat:Partai politik Filipina