Kijang Tumpuk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kijang Tumpuk Jepara
Elang Laut Dada Putih Tumpuk Jepara
Ikan Tumpuk Jepara

Kijang Tumpuk adalah sebuah karya seni ukir khas Jepara yang berkembang sejak zaman RA Kartini dan mengalami kejayaan selama kurang lebih satu abad sesudahnya. Kijang Tumpuk merupakan karya seni ukir yang paling disukai oleh pembeli dari dalam dan luar negeri.

Bentuk[sunting | sunting sumber]

Kijang Tumpuk berbentuk ukiran kayu yang di bentuk menyerupai Kijang yang bertumpuk-tumpuk secara vertikal, biasanya bahan yang digunakan adalah akar pohon baik pohon jati, maupun jenis pohon-pohon lain.

Fungsi[sunting | sunting sumber]

Kijang Tumpuk sejak zaman Belanda dijadikan untuk dekorasi rumah maupun apartemen. Kijang Tumpuk juga menandakan tingkat status sosial pemilik rumah sebagai seorang yang dihormati di daerahnya, Karena harga Kijang Tumpuk bukan murahan melainkan harus merogoh kocek dalam-dalam karena harganya puluhan juta sehingga yang memiliki hanyalah orang-orang yang memiliki hanyalah orang kaya saja. Kijang Tumpuk harganya tinggi bukan tidak ada sebabnya, karena pembuatan Kijang Tumpuk bukanlah pekerjaan yang mudah apalagi dikerjakan dengan cara manual.

Masalah[sunting | sunting sumber]

Masalah yang terjadi pengerajin Kijang Tumpuk semakin hari semakin menurun, Diharapkan ada peran campur tangan Pemerintah untuk melestarikan kerajinan Kijang Tumpuk sebagai ciri khas yang jangan pernah hilang.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]