Kia Carens

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kia Carens
Informasi
ProdusenKia Motors
Masa produksi1999–2018
Bodi & rangka
KelasMPV kompak
Bentuk kerangkaStation wagon 5 pintu
Tata letakFF layout

Kia Carens adalah sebuah mobil MPV kompak yang diluncurkan pada tahun 1999 oleh perusahaan otomotif asal Korea Selatan, Kia. Kia Carens dijual di seluruh dunia dan juga dijual sebagai Kia Rondo.

Di Indonesia, generasi pertama Kia Carens pertama kali dipasarkan secara resmi oleh Kia Mobil Indonesia pada pertengahan tahun 2000, dengan menggunakan mesin bensin 1.8 liter 4 silinder 16 katup dari Mazda. Versi facelift dengan perubahan desain pada eksterior (bagian depan, belakang) serta interior mulai dipasarkan pada tahun 2002 sebagai Carens II, dan dihentikan pada tahun 2008. Generasi kedua Kia Carens/Rondo yang diluncurkan di pasar luar negeri pada tahun 2006, tidak pernah beredar di Indonesia.

Kia Carens kembali hadir di Indonesia dengan generasi ketiga yang diluncurkan pada bulan Juni 2013 dengan menggunakan mesin 2.0 liter Nu GDI 4 silinder 16 katup milik Hyundai, tetapi sayangnya dihentikan pada bulan Juni 2016 karena penjualan Kia Sedona kurang laku dan didominasi oleh pasar MPV mini.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]