Kerumunan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Secara umum, kerumunan didefinisikan sebagai sekelompok orang yang berkumpul untuk tujuan atau maksud yang sama seperti pada unjuk rasa, acara olahraga, atau selama penjarahan (ini dikenal sebagai kerumunan pura-pura), atau mungkin dibuat-buat. banyak orang melakukan bisnis mereka di daerah yang sibuk. Istilah "kerumunan" kadang-kadang merujuk pada orang-orang kelas bawah pada umumnya.

Terminologi[sunting | sunting sumber]

Istilah "kerumunan" kadang-kadang didefinisikan berbeda dengan kata benda kelompok lain untuk kumpulan manusia atau hewan, seperti agregasi, penonton, kelompok, massa, gerombolan, padat penduduk, publik, rakyat jelata, dan kerumunan. Peneliti opini Vincent Price membandingkan massa dan kerumunan, mengatakan bahwa "Kerumunan ditentukan oleh pengalaman emosional bersama mereka, tetapi massa ditentukan oleh isolasi antarpribadi mereka." [1]

Dalam sosiologi manusia, istilah "keroyok" berarti "sangat ramai ", seperti di mal atau toko yang sibuk. " Pengeroyokan ", membawa konotasi yang lebih negatif terkait dengan perundungan . Dalam perilaku hewan, pengeroyokan adalah teknik di mana banyak individu dari satu spesies "mengeroyok" individu yang lebih besar dari spesies lain untuk mengusir mereka. Perilaku pengeroyokan sering terlihat pada burung .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Public Opinion By Carroll J. Glynn, Susan Herbst, Garrett J. O'Keefe, Robert Y. Shapiro