Kertas Xuan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kertas Xuan (Cina yang disederhanakan: 宣纸; Cina tradisional: 宣紙; pinyin: xuānzhǐ), atau kertas Shuen atau kertas beras, adalah sejenis kertas yang digunakan di Cina kuno yang digunakan untuk menulis dan melukis. Kertas Xuan terkenal karena bertekstur lembut dan halus, cocok untuk menyampaikan ekspresi artistik dari kaligrafi dan lukisan Cina.

Asal[sunting | sunting sumber]

Kertas Xuan pertama kali disebutkan dalam buku-buku Cina kuno, Catatan Lukisan-Lukisan Terkenal Masa Lalu dan Buku Baru Tang. Awalnya diproduksi di dinasti Tang di Kabupaten Jing, yang berada di bawah yurisdiksi Xuan (Xuanzhou), maka diberi nama kertas Xuan. Selama dinasti Tang, kertas sering dibuat dari campuran rami (serat pertama yang digunakan untuk kertas di Cina) dan serat murbei.Dengan dinasti Song, industri penghasil kertas di Huizhou dan Chizhou secara bertahap dipindahkan ke Kabupaten Jing.

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Karena metode produksi yang berbeda, kertas Xuan dapat diklasifikasikan menjadi Shengxuan, Shuxuan, dan Banshuxuan. Shengxuan (harfiah "Raw Xuan"), yang tidak diproses secara khusus, unggul dalam kemampuannya menyerap air, menyebabkan tinta di atasnya menjadi buram. Shuxuan (harfiah "Ripe Xuan"), bagaimanapun, memiliki Kalium alumloyed ke dalamnya selama produksi, yang menghasilkan tekstur kaku, kemampuan berkurang untuk menyerap air, dan resistensi kurang terhadap tegangan geser (yang berarti bahwa itu dapat robek jauh lebih mudah) . Fitur ini membuat Shuxuan lebih cocok untuk Gongbi daripada Xieyi. Banshuxuan (secara harfiah "Half-ripe Xuan") memiliki daya serap menengah, antara Shengxuan dan Shuxuan.

Kelebihan[sunting | sunting sumber]

Kertas Xuan memiliki kekuatan tarik yang luar biasa, permukaan yang halus, tekstur yang bersih serta goresan yang rapih, ketahanan yang besar terhadap lipatan, korosi, ngengat dan jamur. Sebagian besar buku dan lukisan Cina kuno oleh pelukis terkenal yang bertahan hingga saat ini terawetkan dengan baik di kertas Xuan. Kertas Xuan memenangkan Golden Award pada Pameran Internasional Panama pada tahun 1915. Kertas Xuan digunakan untuk membuat gulungan.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Produksi kertas Xuan dapat digambarkan secara longgar sebagai proses 18-langkah, dan akun rinci akan melibatkan lebih dari seratus. Beberapa pembuat kertas telah menemukan langkah-langkah yang dirahasiakan dari orang lain. Proses ini termasuk mengukus dan memutihkan kulit Pteroceltis tatarinowii, serta penambahan berbagai campuran.

Referensi[sunting | sunting sumber]