Kertajaya, Cigugur, Pangandaran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kertajaya
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenPangandaran
KecamatanCigugur
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Kertajaya adalah desa di kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Indonesia.

Desa kertajaya mempunyai beberapa dusun diantaranya dusun Cantilan . Sebuah daerah yang berada di willayah paling Barat kab.pangandaran berbatasan langsung dengan wilayah kabupaten tasikmalaya, neglasari pancatengah. Didusun ini juga terbagi atas beberapa RT dan RW. Salahsatunya RW 05 Rt 022 sebuah perkampungan yang terdiri kurang lebih 40 kepala keluarga yang diberi nama Cintawana atau yang lebih dikenal dengan nama Cibajing. Warga setempat bermata penvaharian sebagai Petani dan penyadap kelapa yang kemudian dijual ke bandar gula.

Kampung yang lebih dikenal "lembur cintawana" ini menyatukan lalu lintas dari pangandaran menuju neglasi,pancatengah dengan jalan alternatif yang memberikan jalur lebih pendek menuju Tasik. disayangkan, karena kurang perhatian dari pemerintah sejak lama. Jalan ini tidak terlalu mendapat perhatian penuh , jikapun diperbaiki hanya sekadarnya saja. Keadaan ini sangat memprihatinkan.

Keadaan pendidikan didaerah inipun sama memprihatinkannya, kebanyakan warganya hanya tamatan sekolah dasar. 1 % yang lulusan slta.

Referensi[sunting | sunting sumber]