Keramik Kraak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mangkuk Jingdezhen dengan bentuk yang khas. Lebar: 18 5/8 inci (47,3 cm). Untuk tampilan profil lihat di bawah.

Keramik Kraak atau Porselen Kraak ( Krakporselein dalam bahasa Belanda) adalah jenis porselen biru putih dengan corak motif pemandangan yang diekspor dari Tiongkok. Barang ini diproduksi terutama pada akhir Dinasti Ming, pada masa pemerintahan Wanli (1573–1620), tetapi juga pada masa Tianqi (1620–1627) dan Chongzhen (1627– 1644).[1] Ini adalah salah satu barang ekspor Tiongkok pertama yang tiba di Eropa dalam jumlah besar, dan sering ditampilkan dalam lukisan Zaman Keemasan Belanda yang menampilkan subjek benda mati dengan kemewahan asing. Pada abad ke-14, produk porselen Tiongkok dianggap sebagai barang yang sangat langka dan mewah. Di tempat-tempat koleksi golongan sosialita pada masa itu, benda ini sangat berharga sehingga dipajang pada papan yang terbuat dari perak ataupun emas.

Pada awal abad ke-16, Portugis membangun jalur perdagangan ke Timur dan memulai perdagangan secara komersial dengan Asia. Para pembuat tembikar Tiongkok kemudian secara khusus membuat benda-benda keramik untuk diekspor ke Barat. Salah satu benda tersebut adalah keramik Kraak. Keramik-keramik ini "mengalami terminologi yang tidak tepat", terkadang digunakan secara longgar untuk banyak jenis tembikar biru dan putih ekspor Tiongkok. Didefinisikan secara ketat, ini "dibedakan berdasarkan susunan ornamennya menjadi panel; ini biasanya menyebar ke pelek dalam tanda kurung yang terkenal karena kemampuannya untuk pecah".[2] Ini adalah subkelas barang Jingdezhen, sebagian besar dibuat sebagai "mangkuk dalam dan piring lebar", dihiasi dengan motif dari alam, dengan gaya yang tidak digunakan pada barang untuk pasar domestik Tiongkok.[3]

Tampilan profil hidangan Jingdezhen di atas

Nama[sunting | sunting sumber]

Jan Davidsz de Heem, Still Life with Fruit and Lobster, paruh kedua abad ke-17; Minyak di atas kanvas, 75 × 105 cm; Museum Boymans-van Beuningen, Rotterdam

Dalam proses pelayaran barang dagang yang biasanya terdiri dari teh, sutra, lukisan, dan seterusnya, porselen sering disimpan di bagian bawah kapal. Hal ini dikarenakan porselen cocok sebagai pemberat atau pun sifat porselen yang tahan air tidak seperti teh. Porselen-porselen ini sebagian besar berwarna biru putih dan dikenal dengan istilah Keramik Kraak.

Keramik Kraak diyakini diberi nama sesuai dengan nama kapal Portugis, carracks yang mengangkutnya. Carrak, atau dalam bahasa Spanyol disebut caracca, yang diyakini merupakan turunan dari istilah Arab untuk jenis kapal dagang yang digunakan dalam perdagangan Mediterania-Renaisans: qaraquir, yang berarti kapal dagang.[4]

Meskipun kaitan dengan kapal carrack secara umum diterima sebagai akar dari nama Keramik Kraak, terdapat asal-usul lain yang juga dikemukakan. Misalnya bahwa dalam bahasa Belanda kata kerja kraken yang berarti untuk pecah, suatu ciri umum pada Keramik Kraak yang dianggap mudah pecah. Istilah kraken juga mengacu pada jenis rak yang sering memajang porselen biru putih impor yang terdapat di Friesland, Belanda.[5]

Gaya[sunting | sunting sumber]

Karakteristik paling menarik dari Keramik Kraak adalah kombinasi warnanya yang indah dengan latar belakang putih dan motif cobalt biru. Keramik Kraak ini merupakan inovasi menarik dalam seni penghiasan Tiongkok pada abad ke-16 yang menampilkan dekorasi berpanil yang sangat khas pada permukaannya. Panil-panil pada Keramik Kraak memiliki bentuk berupa medalion dan dalam medalion tersebut seringkali terdapat motif-motif bunga, binatang, simbol-simbol, dan pemandangan. Motifnya sebagian besar berasal dari lukisan-lukisan, cat kayu, hiasan tenun Tiongkok.

Pengaruh[sunting | sunting sumber]

Lukisan alam benda dengan sepiring buah Kraak yang besar oleh Osias Beert, c. 1610

Gaya keramik Kraak ditiru di seluruh dunia, terutama oleh pembuat tembikar di Arita, Jepang, dan Persia — tempat para saudagar Belanda berpaling ketika jatuhnya Dinasti Ming pada tahun 1644, saat barang Tiongkok sudah tidak dapat dijangkau[6] — dan akhirnya di Delft . Lukisan dengan keramik Kraak di atas sering muncul dalam lukisan-lukisan mewah Belanda abad ketujuh belas.[7]

Keramik Kraak sangat berharga karena keindahan desain, warna-warna mencolok, dan kualitas pembuatannya. Ciri-ciri khasnya mencakup motif alam yang rumit, warna-warna cerah, lapisan esmal yang berkilau, batasan hitam yang tajam, bahan porselen berkualitas tinggi, dan tampilan klasik yang mengesankan. Keramik Kraak telah menjadi lambang seni keramik Tiongkok yang elegan dan terus memikat pecinta seni dan kolektor di seluruh dunia.

Selain sebagai pemenuh dalam kegiatan sehari-hari, Keramik Kraak memiliki pesan yang mendalam tentang budaya dan peradaban Tiongkok. Bentuk hiasan yang paling banyak dijumpai adalah hiasan berupa panil besar dan panil kecil, sehingga inilah yang menjadi ciri khasnya. Keramik Kraak antara lain dapat dijumpai di Museum Sejarah Jakarta, Museum Nasional, dan Museum Sang Nila Utama.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Carswell, John. Biru Putih: Porselen Cina dan Dampaknya terhadap Dunia Barat . Katalog Pameran. Chicago: Galeri Cerdas David dan Alfred, 1985.
  • Crowe, Yolande. Persia dan Tiongkok: Keramik Biru dan Putih Safawi di Museum Victoria dan Albert, 1501–1738 . London: Museum Victoria & Albert, 2002.
  • Hochstrasser, Julie. Masih Hidup dan Perdagangan di Zaman Keemasan Belanda . New Haven dan London: Yale University Press, 2007.
  • Howard, David dan John Ayers. Tiongkok untuk Barat: Porselen Tiongkok dan Seni Dekoratif lainnya untuk Ekspor, Diilustrasikan dari Koleksi Mottahedeh . London dan New York: Sotheby Parke Bernet, 1978.
  • Jörg, Christiaan JA Porselen dari bangkai kapal Vung Tau: Penggalian Hallstrom . Singapura: Sun Tree Publishing, 2001.
  • Kerr, Rosemary. “Keramik Ekspor Awal.” Dalam Seni dan Desain Ekspor Tiongkok . Ed. Craig Clunas. London: Museum Victoria dan Albert, 1987.
  • Kroes, Jochem. Porselen Armorial Tiongkok untuk Pasar Belanda: Porselen Tiongkok dengan Lambang Keluarga Belanda . Den Haag : Biro Pusat untuk Generalogie dan Zwolle: Waanders Publishers, 2007.
  • Rinaldi, Maura. Porselen Kraak: Momen dalam Sejarah Perdagangan . London: Pub Bambu, 1989.
  • Vainker, SJ, Tembikar Cina dan Porselen, 1991, British Museum Press, 9780714114705
  • Wu, Ruoming. Asal muasal porselen Kraak pada Akhir Dinasti Ming . Weinstadt: Verlag Bernhard Albert Greiner, 2014.ISBN 3-86705-074-0ISBN 3-86705-074-0

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Vinhais L and Welsh J: Kraak Porcelain: the Rise of Global Trade in the 16th and early 17th centuries. Jorge Welsh Books 2008, p. 17
  2. ^ Vainker, 147
  3. ^ Vainker, 147
  4. ^ Rinaldi, p. 32
  5. ^ Rinaldi, p. 60; Kerr, p. 38.
  6. ^ Crowe, p. 22; Howard, p. 7 of "Introduction."
  7. ^ For a study on foreign objects in Dutch paintings, see Hochstrasser, Still Life and Trade.