Osias Beert

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
"Still life with oysters", tahun 1610

Osias Beert atau Osies Beert yang Tertua (1580-1623/24) adalah seorang pelukis asal Flandria yang aktif melukis di kota Antwerp yang memiliki peran penting dalam pengembangan seni lukis bertema bunga dan jamuan makan bertitel still life, tipe yang masih hidup sebagai genre independen pada seni lukis di Eropa Utara.Ia telah diakui sebagai salah satu seniman paling berpengaruh dari generasi paling awal pelukis yang masih hidup di Flandria[1].

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Lukisan "Basket of flowers".

Sedikit yang diketahui tentang kehidupan awal pelukis ini. Diyakini bahwa ia lahir di Antwerp sekitar tahun 1580 dan belajar di bawah Andries van Baesrode (atau "van Baseroo"), seorang pelukis yang tidak cukup dikenal. Dia bergabung dengan Guild of St. Luke di kota 1602 dan menikahi Marguerite Ykens pada tanggal 8 Januari 1606.

Beert bukan hanya pelukis tapi juga menjualnya dengan menjadi seorang pedagang gabus[2] . Beert juga anggota salah satu kelompok retorika lokal, yang menunjukkan bahwa ia terlibat dalam pencarian intelektual selain melukis[1]. Ia diyakini telah meninggal di Antwerp pada akhir tahun 1623 atau 1624[2][3].

Penerusnya antara lain Frans van der Borch, Frans Ykens (yang merupakan keponakannya), Paulus Pontius, dan Jan Willemsen. Putra Beert, Osias Beert yang Termuda (1622-1678), juga seorang pelukis tapi sepertinya tidak belajar di bawah ayahnya karena ayahnya diyakini telah meninggal saat anak itu masih sangat muda[3] .

Karya[sunting | sunting sumber]

Lukisan "Bouquet in a niche"

Osias Beert utamanya dikenal sebagai pelukis bunga dan ilustrasi jamuan makan (sarapan), genre di mana ia memainkan peran perintis. Dia jarang menandatangani atau memberi monogram dan tidak pernah menandai hasil karyanya. Dari karya-karyanya yang dibuat di atas tembaga, tiga beruang di panel adalah tandatangan dari Pieter Stas yang dibuat pada kurun waktu 1607, 1608 dan 1609. Meskipun tidak ada karya yang ketinggalan zaman membuatnya sulit untuk mengidentifikasi waktu karyanya, analisis gaya memungkinkan kronologi tentatif pada lukisannya. Karya-karya dengan sudut pandang yang tinggi dan tumpang tindih benda-benda kecil dianggap lebih awal daripada sudut pandang yang lebih rendah dan susunan benda-benda yang komposisinya. Karya-karya ini kemudian juga memiliki koherensi spasial yang lebih baik[4].

Hanya empat karya yang ditandatangani olehnya yang diketahui dan dari sini, dimungkinkan untuk menghubungkan empat karya di Museum Grenoble kepadanya[2]. Karena pengetahuan tentang tahap awal kehidupannya di Flandria masih fragmentaris, ada kecenderungan untuk mengaitkan hasil karya yang sangat banyak dengan Beert[3] . Beberapa karya yang dikaitkan dengannya mungkin dilakukan oleh murid-muridnya, sementara beberapa yang dikaitkan dengan Osias Beert yang lebih muda mungkin dilukis oleh ayahnya[2].

Osias Beert sering melukis pada panel kayu ek, menggunakan teknik kaca. Dengan menggunakan beberapa lapisan berlapis minyak fluida, dia bisa mendapatkan transparansi dan beragam warna[5]. Beberapa karyanya dibuat di atas kanvas tembaga[6].

Lukisan "Still life with three wine glasses in a niche"

Ia adalah salah satu seniman pertama yang mengkhususkan diri dalam lukisan makhluk hidup saat produksi karya dalam genre ini masih kecil dan biasanya anonim. Lukisan bertema jamuan makan karyanya, biasanya disebut dengan nama Belanda ontbijtjes ("sarapan kecil"), mewakili pemandangan dari sudut pandang tinggi dengan perspektif yang seolah-olah dipaksa.

Teknik ini biasa terlihat pada lukisan awal Flandria dan Belanda yang masih ada. Komposisinya sering menunjukkan pengelompokan padat dalam pengaturan yang seimbang. Gayanya kuasi-geometris dan menunjukkan sebuah pandangan mata untuk detail lukisannya[2].

Ia berusaha untuk menunjukkan objektivitas dan menunjukkan rasa plastisitas yang kuat. Tema lukisannya yaitu still life diibaratkan bermandikan cahaya yang rata dan menyebar[1]. Contohnya "Still life with cherries and strawberries in China bowls" (Gemäldegalerie, Berlin), yang menunjukkan perjamuan di atas meja yang sedikit miring sehingga benda-benda di atasnya bisa dilihat tanpa penyumbatan. Lukisan tersebut merupakan rangkaian terakhir dari delapan sampai sembilan perjamuan kursus. Capung dan kupu-kupu memiliki makna emblematik dan mewakili pertarungan antara kebaikan dan kejahatan[7].

Lukisan "Breakfast still life"

Ia dikenal karena lukisan tiram dan kumpulan manisan yang ditampilkan rapi di atas meja bersama dengan gelas anggur dan porselen Cina yang sangat bagus[8]. Ia tak tertandingi dalam kemampuannya untuk menggambarkan tiram dengan cahaya yang bermain pada daging kental dan mutiara yang kebasahan, yang membedakan tiram dari permukaan keras pada bagian dalam cangkang kerang. Contoh terbaiknya adalah "still life with oysters" (Galeri Seni Nasional, Washington), yang menunjukkan tiram di piring bersama dengan benda berharga di atas meja yang membentang di kedua sisi di luar kanvas dengan latar belakang gelap[9].

Karya His flower still lifes sering menampilkan vas bunga di ceruk dangkal atau keranjang penuh bunga, seperti terlihat dalam Basket of Flower di Museum Seni Rupa Houston mengingatkan pada karya-karya Ambrosius Bosschaert[2]. Dalam potongan bunga masing-masing bunga ditampilkan di puncak mekarnya dan dengan sangat detail. Bunga-bunga yang digambarkan dalam buket yang sama sering mekar di musim yang berbeda dan tidak pernah bisa ditampilkan dalam vas yang sama. Dengan demikian, mereka melambangkan sifat sementara keberadaan manusia di bumi. Contohnya adalah Bouquet di ceruk di Rockox House, Antwerp[10].

Ada spekulasi bahwa ia berkolaborasi dengan Peter Paul Rubens setidaknya pada satu lukisan[8]. Dia mempengaruhi keponakannya Frans Ykens dan juga seniman Antwerp lainnya, seperti Jacob Foppens van Es dan Jacob van Hulsdonck[1].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Osias Beert I (Antwerp c. 1570-1624), Oysters on a pewter plate, sweetmeats and biscuits in a silver tazza, two façon-de-venise wine glasses and an orange in a niche at Christie's
  2. ^ a b c d e f Mulders, Christine van. "Beert [Beet, Beirt, Bert], Osias [Osyas], I," Grove Art Online. Oxford University Press, diakses 15 April 2015.
  3. ^ a b c Osias Beert (I) at the Netherlands Institute for Art History (Middle Dutch)
  4. ^ Osias Beert I (Antwerp c. 1570-1624), A still life of dishes of fruit and drinking glasses arranged on a wooden tabletop at Johnny van Haeften
  5. ^ Commentaires des chefs- d’oeuvre du musée de Grenoble du XVIe au XIXe siècle (French)
  6. ^ Osias Beert I (? Antwerp c. 1580-1624), Peaches and raspberries on a wan-li kraak porcelain plate, with strawberries in a wan-li-krak porcelain beaker, with a glass of white wine on a tabletop at Christie's
  7. ^ Schneider, Norbert (2003). Still Life. Cologne: Taschen. hlm. 97–98. ISBN 9783822820810. 
  8. ^ a b Belkin, Kristin. "Beert, Osias". Dalam Brigstocke, Hugh. The Oxford Companion to Western Art. Oxford University Press. 
  9. ^ Doty, Mark (2001). Still Life with Oysters and Lemon: On Objects and Intimacy. Boston: Beacon Press. ISBN 9780807066096. 
  10. ^ Osias Beert, Bouquet in a niche at barokinvlaanderen

Bacaan Lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]