Kerajaan Twipra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Kerajaan Twipera (Sanskerta: Tripura, Inggris: Tippera) adalah salah satu yang kerajaan bersejerah oleh masyarakat Tipra di Timur Laut India.

Kerajaan Tipra didirikan di sekitar sungai Brahmaputra (Twima [klarifikasi diperlukan]) dengan sungai Meghna dan Surma daerah Bangladesh tengah pada sekarang. Ibu kotanya ialah disebut Khorongma (Kholongma) dan terletak sepanjang Sungai Meghna di Sylhet bagian dari Bangladesh sekarang.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Dataran Kerajaan Twipra pada abad ke-7 dan ke-8

Saat ini daerah administratif yang merupakan bagian dari Kerajaan Tipra adalah:

Kerajaan Tipra dalam berbagai zaman berbatasan dengan:

  1. Perbukitan Khasi di Utara
  2. Perbukitan Manipur di Timur Laut
  3. Lembah Arakan, Burma di Timur
  4. Teluk Bengala di Selatan
  5. Sungai Brahmaputra di Barat

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah awal[sunting | sunting sumber]

Daftar legenda Raja-raja Tripuri dijelaskan dalam catatan sejarah Rajmala, catatan sejarah abad ke-15 dalam bahasa Bengali ayat yang ditulis oleh pengadilan pandit Dharma Manikya (r. 1431). Babad jejak raja keturunan ke mitologi Imlek Dinasti. Pada abad ke-8, Kerajaan bergeser modal ke arah timur sepanjang Surma sungai di Sylhet dekat hadir Kailasahar kota Utara Tripura.[butuh rujukan]

Agama Tipra memiliki 14 dewa dikenal sebagai choddha devta (dalam bahasa Bengali) dan masih dipertahankan di Choddha Devta Mandir di Old Agartala, yang dikelola oleh Tipra imam dikenal sebagai Chontai's, yang mengawasi festival Kharchi dan Ker menurut tradisi. Itu mirip dengan agama tradisional China

Invasi islam[sunting | sunting sumber]

Awal catatan sejarah mengenai Kerajaan Twipera terfoukus pada abad ke-13, ketika pertama kali adanya penaklukan Islam di India. Ini juga merupakan masa dimana terjadinya Dinasti Manikya, mulai saat Ratna Fa mengambil gelar Manikya, yang diselenggarakan oleh semua raja-Raja Tripura sampai kematian Bir Bikram Kishore Manikya pada tahun 1947. Ratna Fa bergeser modal untuk Rangamati di tepi sungai Gumti sekarang di Selatan Tripura. Twipra pertama kali dikuasai oleh umat Islam di bawah Tughril di 1279, tetapi berhasil mempertahankan kemerdekaannya selama 14 sampai abad ke-17. Dhanya Manikya (r. 1463 untuk 1515) diperluas Twipra teritorial domain baik ke Timur Bengal. Rangamati berganti nama menjadi Udaipur setelah Udai Manikya. Kerajaan berkembang pada abad 16 dan 17, raja-Raja seperti Govinda Manikya memasang pertahanan terhadap tekanan dari Muslim kerajaan ke barat, sampai akhir penaklukan oleh Kekaisaran Mughal pada tahun 1733. Setelah ini, Twipra adalah Mughal klien raya, dengan penguasa Mughal mengambil pengaruh pada pengangkatan para raja-raja.

British India[sunting | sunting sumber]

Di dalam India Britania, raja-raja tetap berada pada India Britania, yang dikenal sebagai Kabupaten Tippera atau Chakla Roshnabad (sekarang lebih besar Comilla wilayah Bangladesh), kemudian daerah bebas yang dikenal sebagai Bukit Tippera, kini negara bagian Tripura. Bir Chandra Manikya (1862-1896) dimodelkan pemerintahannya pada pola dari British India, dan diberlakukan reformasi termasuk pembentukan Agartala Municipal Corporation. Raja terakhir adalah Kirit Bikram Kishore, putra Bir Bikram Kishore Debbarma, yang memerintah selama dua tahun, tahun 1947-1949. Pada tahun 1949, Tripura menjadi bagian dari Republik India. Yang Tripuri "pewaris" Kirit Pradyot Deb Barma (lahir 1978), putra dari raja terakhir, yang kadang-kadang diberikan gelar kehormatan "Maharaja".

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Sejarah Tripura
  • Tripura (negara pangeran)
  • Masyarakat Tripuri

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Tripura Buranji Abad ke-17 Ahom Kronik.
  • Progresif Tripura, 1930
  • Rajmala, royal chronicle of Tripura raja-Raja.
  • Bukit Tippera - Sejarah Kekaisaran Gazetteer of India, 1909, v. 13, p. 118.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]