Kerajaan Gauda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kerajaan Gauḍa

(Gāuṛ Rājya)
Abad ke-4 Masehi (dari 320 Masehi)–626 Masehi
Lambang kerajaan Kerajaan Gauḍa
Lambang kerajaan
Gauda (di India timur) dan orang-orang sezamannya, c. 625 Masehi
Gauda (di India timur) dan orang-orang sezamannya, c. 625 Masehi
Peta
Ibu kotaKarnasuvarna (sekarang Benggala Barat, India)
Agama
Hindu
Buddha
PemerintahanMonarki
Raja 
• Abad ke 4 Masehi
Loka
• 590– 625
Shashanka
Sejarah 
• Didirikan
Abad ke-4 Masehi (dari 320 Masehi)
• Dibubarkan
626 Masehi
Didahului oleh
Digantikan oleh
krjKerajaan
Gupta
dnsDinasti
Pala
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Kerajaan Gauḍa (Gāuṛ Rājya), adalah kekuatan Hindu selama Periode Klasik di anak benua India, yang berasal dari wilayah Bengal (zaman modern Benggala Barat dan Bangladesh)[1][2] pada abad ke-4 M atau mungkin lebih awal.[3]

Lokasi dan luasnya[sunting | sunting sumber]

Koin Shashanka, raja Gauda, sekitar tahun 600–630.

Sebuah Teks Buddha Mahayana Manjusri Molakalpa mencatat keberadaan Kerajaan Gauda di Bengal sebelum digantikan oleh Kekaisaran Gupta pada abad ke-4. Raja Loka yang lahir di Vardhamana (Bardhaman) disebutkan yang pasti pernah memerintah pada awal abad ke-4 Masehi.[4]

Raja Shashanka ( Shôshangko ) sering dikaitkan dengan pembuatan entitas politik terpisah pertama di Bengal terpadu yang disebut Gauda. Ia memerintah pada abad ke-7, dan beberapa sejarawan menempatkan pemerintahannya kira-kira antara 590 dan 625. Ibukotanya berada di Karnasubarna, 96 kilometer (60 mi) barat daya Baharampur, markas besar Murshidabad distrik.[1] Biksu Cina, Xuanzang (Hiuen Tsang) melakukan perjalanan dari negara Karnasubarna ke wilayah di negara bagian Orissa saat ini yang diperintah oleh Shashanka.[2] Ada penyebutan Pundravardhana sebagai bagian dari Gauda dalam beberapa catatan kuno.[5] Tidak banyak yang diketahui tentang kehidupan awal Shashanka. Sejarawan D K Ganguly dilaporkan telah menyimpulkan bahwa dia adalah penduduk asli Magadha.[6] Sumber yang sama melaporkan bahwa sejarawan Padmanath Bhattacharya menjadikan Shashanka sebagai putra Mahasenagupta. R D Banerji menyimpulkan bahwa dia adalah keturunan dari Magadha Guptas. Nagendranath Basu berpendapat bahwa Shashanka adalah putra / keturunan Raja Karnadeva, yang mendirikan kota Karnasubarna di Bengal.[7]

Dalam beberapa sumber, Shashanka digambarkan sebagai pemimpin suku Bengal.[8] Nama Shashanka muncul dalam berbagai bentuk, termasuk Śaśānka dan Śaśānka-deva. Nama ini berasal dari Sansekerta, sebagai nama lain untuk Bulan. Oleh karena itu, Śaśānka-deva secara longgar diterjemahkan menjadi dewa Bulan. Dewa Hindu Siwa juga dikenal sebagai Shashank Sekhar karena Dia memegang bulan di atas kepalanya. Dalam tulisan biksu Cina Xuanzang, dia disebut sebagai She-Shang-Kia. Dia juga disebut Śaśānka Narendragupta, yang awalnya memberikan kepercayaan pada klaim bahwa dia adalah keturunan dari Gupta kemudian.[9] Dalam Sejarah Dinasti Magadha Sinha, nama 'Śaśānka' dan 'Soma' digunakan secara bergantian. Beberapa sejarawan percaya bahwa Shashanka memulai karirnya sebagai pemimpin feodatoris (maha samanta) di bawah Mahasenagupta, dari Dinasti Gupta Akhir.[10] Dan setelah kematian Mahasenagupta, Shashanka mengusir para Gupta dan bangsawan terkemuka lainnya keluar dari wilayah itu dan mendirikan kerajaannya sendiri dengan ibukotanya di Karnasubarna. Sejarawan lain seperti Sailendra Nath Sen berpendapat bahwa Mahasenagupta - yang sudah berada di bawah tekanan dari Maukharis (karena gagal memberikan perlindungan yang memadai) - tidak akan secara sadar menunjuk Shashanka ke posisi yang begitu penting. Middleton (2015) berpendapat dengan nada yang sama bahwa Shashanka berfungsi sebagai maha samanta bagi seorang raja Gauda, mungkin Jayanaga.[11] Apakah Shashanka adalah seorang permusuhan di bawah Maukharis atau Guptas tidak diketahui. Pada 605 M setelah kematian Mahasenagupta, Shashanka telah mendirikan apa yang kemudian dikenal sebagai Kerajaan Gauda. Dari sana, dia mengeluarkan koin emas untuk merayakan kemenangannya, dan kemudian dipanggil sebagai `` Maharajadhiraja (raja dari raja-raja besar). Menurut beberapa sumber, kota Gauda didirikan oleh Raja Shankaladeva. Dia, aslinya, adalah penduduk asli Kannauj. Dalam buku 'History of Hindostan' (aslinya diterjemahkan dari buku 'Gulshan-i-Ibrahimi' yang ditulis oleh Firishta), disebutkan bahwa Shankaladeva (Sinkol) adalah penduduk asli Kannauj ( Kinoge) dan mendirikan kota Gauda selama abad ke-8 SM.[12] Setelah kematiannya, Shashanka digantikan oleh putranya, Manava, yang memerintah kerajaan selama delapan bulan. Namun Gauda segera terbagi antara Harsha vardhana dan Bhaskarvarmana dari Kamarupa, yang terakhir bahkan berhasil menaklukkan Karnasuvarna.

Bukti tampaknya tidak sesuai mengenai hubungan Gauda dengan wilayah Rarh. Sedangkan Krishna Mishra (abad ke-11 atau ke-12), dalam karyanya Prabodha-chandrodaya, menyebutkan bahwa Gauda Rashtra mencakup Rarh (atau Rarhpuri) dan Bhurishreshthika, yang diidentifikasikan dengan Bhurshut, di Hooghly dan distrik Howrah, tetapi prasasti Managoli tentang raja Yadava Jaitugi I membedakan Lala (Rarh) dari Gaula (Gauda).[1]

Menurut penulis Jain dari abad ketiga belas dan keempat belas, Gauda memasukkan Lakshmanavati dalam distrik Malda saat ini.[1]

Kaisar Pala disebut sebagai Vangapati (Penguasa Vanga) dan Gaudesvara (Penguasa Gauda). Raja Sena juga menyebut diri mereka Gaudesvara. Sejak saat itu Gauda dan Vanga tampaknya menjadi nama yang dapat dipertukarkan untuk seluruh Bengal.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Majumdar, Dr. R.C., History of Ancient Bengal, first published 1971, reprint 2005, pp. 5-6, Tulshi Prakashani, Kolkata, ISBN 81-89118-01-3.
  2. ^ a b Ghosh, Suchandra (2012). "Gauda, Janapada". Dalam Islam, Sirajul; Jamal, Ahmed A. Banglapedia: National Encyclopedia of Bangladesh (edisi ke-Second). Asiatic Society of Bangladesh. 
  3. ^ K. P. Jayaswal (1934). An Imperial History Of India. hlm. 34. 
  4. ^ K. P. Jayaswal (1934). An Imperial History Of India. 
  5. ^ Bandopadhyay, Rakhaldas, Bangalar Itihas, (dalam bahasa tidak diketahui), first published 1928, revised edition 1971, vol I, p 101, Nababharat Publishers, 72 Mahatma Gandhi Road, Kolkata.
  6. ^ Sinha, Bindeshwari Prasad (1977). Dynastic History of Magadha. India: Abhinav Publications. hlm. 131–133. Diakses tanggal 16 September 2019. 
  7. ^ Basu, Nagendranath (1937). Bonger Jatiya Itihash (Kayastha Kando). India. hlm. 63. Diakses tanggal 26 September 2019. 
  8. ^ "Kingdoms of South Asia - Indian Kingdom of Bengal". www.historyfiles.co.uk. Diakses tanggal 19 September 2019. 
  9. ^ "Indian Antiquary". Journal of Oriental Research (Ed. J.A.S. Burgess) (dalam bahasa Inggris). Popular Prakashan. VII: 197. 1878. Diakses tanggal 16 September 2019. 
  10. ^ Sen, N. S. (1999). Ancient Indian history and civilization (edisi ke-Second). India: New Age International. ISBN 81-224-1198-3. Diakses tanggal 15 September 2019. 
  11. ^ Middleton, John (2015). World Monarchies and Dynasties (dalam bahasa Inggris). Routledge. hlm. 330. ISBN 9781317451587. Diakses tanggal 15 September 2019. 
  12. ^ Firishtah, Muḥammad Qāsim Hindū Shāh Astarābādī (1803). The History of Hindostan,: Translated from the Persian (dalam bahasa Inggris). Vernor and Hood, Cuthell and Martin, J. Walker, Wynne and Scholey, John Debrett, Blacks and Parry, T. Kay, and J. Asperne.