Pundravardhana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pundravardhana (Bahasa Bengali: পুন্ড্রবর্ধন, Punḍrobôrdhon), adalah sebuah wilayah yang berlokasi di Benggala Utara (sebagian besar di wilayah yang sekarang menjadi Bangladesh) zaman dahulu, rumah para Pundra, orang-orang yang berbicara bahasa yang termasuk Rumpun bahasa Indo-Arya.

Pembagian wilayah Benggala pada zaman dahulu (tidak menurut skala)

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa teori mengenai kata Pundra, berikut adalah beberapa contohnya:

  1. Memurut salah satu teori, kata Pundra berasal dari penyakit yang disebut Pandu. Negeri dimana sebagian besar masyarakat mengidap penyakit tersebut yang disebut Pundrakshetra (Tanah para Pundra).
  2. Punda adalah sebuah spesies Tebu, Lahan dimana spesies tebu tersebut secara luas dibudidayakan disebut Pundadesa (Lahan dari Punda).
  3. Menurut naskah-naskah Weda seperti Aitereya Aryanaka dari abad ke-8-7 SM, Pundra adalah kelompok non-Bangsa Indo-Arya yang tinggal di bagian timur sungai Sadanira.
  4. Mahabharata juga membuat referensi yang sama. Pada abad ke-1 Masehi, negeri itu disebut sebagai Pundravardhana untuk pertama kalinya di Asokadana.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Mahasthangarh, ibukota kuno Pundravardhana, terletak 11 km (7 mil) utara dari Bogra dengan jalan yang menuju ke Jahajghata dan situs museum.