Kepulauan Désappointement

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kepulauan Disappointment)

Koordinat: 14°10′S 141°16′W / 14.167°S 141.267°W / -14.167; -141.267

Kepulauan Désappointement di Samudra Pasifik
Kepulauan Désappointement
Kepulauan Désappointement
Letak Kepulauan Désappointement di Samudra Pasifik
Kepulauan Désappointement terletak di timur laut Kepulauan Tuamotu.

Kepulauan Désappointement (Prancis: Îles du Désappointement) adalah subgugus Kepulauan Tuamotu di Polinesia Prancis. Kepulauan ini terletak di sebelah timur laut, jauh dari gugus utama Tuamotu.

Kepulauan Désappointement adalah kumpulan pulau karang kecil yang meliputi pulau Tepoto dan terumbu Napuka. Puka-Puka, 180 mil (290 km) di sebelah tenggara, sering dimasukkan ke subgugus ini.[1]

Pulau-pulaunya gersang dan tidak cocok untuk permukiman manusia.[butuh rujukan]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kepulauan Désappointement bagian barat, Tepoto dan Napuka, diduduki oleh pelayar dari Kepulauan Tuamotu, tetapi Puka-Puka diduduki oleh pemukim dari Kepulauan Marquesas, sekian ratus mil di sebelah timur laut.

Kepulauan ini pertama kali dijelajahi oleh Ferdinand Magellan dalam ekspedisinya ke Filipina dan Maluku tahun 1520. Ia memberi nama "Kepulauan Kekecewaan" (Islas Infortunadas) karena armadanya tidak menemukan sumber air tawar di sana. Saat itu ia sedang di tengah pelayaran menuju Kepulauan Filipina.[2]

Dua abad kemudian, tahun 1765, penjelajah asal Britania John Byron menjadi bangsa Eropa kedua yang mengunjungi Terumbu Napuka. Ia memberi nama "Kepulauan Kekecewaan" (Disappointment Islands) untuk Napuka dan Tepoto karena suku asli di sana "bersikap tidak bersahabat". Kepulauan ini juga dikunjungi oleh Ekspedisi Penjelajah Amerika Serikat pada tahun 1839.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Kepulauan Désappointement berpenduduk jarang. Kebanyakan penduduknya adalah suku asli Polinesia. Menurut sensus 2002, jumlah penduduk kepulauan ini sebagai berikut:

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Secara administratif, Pulau Tepoto adalah bagian dari komune Napuka, sedangkan Puka-Puka memiliki komunenya sendiri.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]