Kepudang-sungu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kepudang-sungu
Campephagidae

Black-faced cuckooshrike
Coracina novaehollandiae
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliCampephagidae
Vigors, 1825
Genera
See text

Kepudang-sungu, jingjing, kapasan, dan sepah dalam keluarga Campephagidae adalah spesies burung pengicau berukuran kecil hingga sedang yang ditemukan di Afrika subtropis dan tropis, Asia, dan Australasia . Ke-93 spesies tersebut terbagi menjadi 11 genera . Burung jingjing ( Tephrodornis ) sering dianggap termasuk dalam famili ini tetapi sekarang dimasukkan ke dalam familinya sendiri, Vangidae, bersama dengan filentoma dan burung sikatan. Genus lain, Chlamydochaera, yang memiliki satu spesies, yaitu tawau dada hitam, sering dimasukkan ke dalam famili ini tetapi kini terbukti sebagai anis (Turdidae).

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Secara keseluruhan, kepudangsungu adalah burung arboreal berukuran sedang hingga kecil, umumnya panjang dan ramping. Spesies terkecil adalah minivet kecil pada 16 cm (6,3 in) dan 6–12 g (0,21–0,42 oz), sedangkan yang terbesar adalah kepudangsungu Melanesia selatan dengan jumlah 35 cm (14 in) dan 180 gram (0,40 pon) . [1] Mereka sebagian besar berwarna keabu-abuan dengan putih dan hitam, meskipun sepah berwarna cerah dengan warna merah, kuning dan hitam, dan kepudangsungu biru di Afrika tengah berwarna biru mengkilap. Keempat kepudangsungu dalam genus Campephaga menunjukkan dimorfisme seksual, dengan jantan memiliki bulu hitam mengkilap dan pial merah atau kuning cerah, betina memiliki bulu hijau zaitun yang lebih lembut. [2]

Habitat[sunting | sunting sumber]

Dari 93 spesies kepudangsungu, mayoritas merupakan burung hutan. Beberapa spesies terbatas di hutan primer, seperti kepudangsungu Kaledonia Baru, yang lain dapat memanfaatkan hutan yang lebih terganggu. Sekitar sebelas spesies menggunakan habitat yang lebih terbuka, satu spesies Australia, kepudangsungu tanah ditemukan di dataran terbuka dan semak belukar dengan sedikit pohon.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Kepudangsungu yang 'sejati' biasanya ditemukan sendiri-sendiri, berpasangan, dan dalam kelompok keluarga kecil, sedangkan burung sepah, dan jingjing lebih sering membentuk kelompok kecil. Ada banyak variasi dalam keluarga secara keseluruhan dalam hal panggilan telepon, ada yang sangat jarang menelepon dan ada pula, terutama burung sepah, yang sangat vokal.

Hewan ini umumnya pemakan serangga, dan akan memakan ulat berbulu besar. Mereka juga tercatat memakan vertebrata kecil, dan beberapa buah, biji-bijian, dan bahan tumbuhan lainnya. [3]

Informasi tentang perkembangbiakan famili ini tidak lengkap, banyak spesies yang belum pernah dipelajari. Dalam semua spesies yang dipelajari, burung kepudangsungu bersifat teritorial ; pada spesies yang tidak bermigrasi, wilayah ini dipertahankan sepanjang tahun. Kepudang-sungu bersifat monogami, dengan ikatan pasangan yang tampaknya bertahan sepanjang tahun. Hanya satu contoh perkembangbiakan non-monogami yang tercatat, contoh poligini pada kapasan sayap-putih di Australia, di mana satu pejantan membantu dua betina dalam membesarkan anak-anaknya. Beberapa spesies kepudangsungu menunjukkan pembiakan kooperatif. Sekitar empat telur bercak putih, hijau atau biru diletakkan di sarang cangkir di pohon. Inkubasi sekitar dua minggu.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ National Geographic Complete Birds of the World by Jonathan Alderfer. National Geographic (2009), ISBN 978-1-4262-0403-6.
  2. ^ Clancey, P.A. (1991). Forshaw, Joseph, ed. Encyclopaedia of Animals: Birds. London: Merehurst Press. hlm. 176. ISBN 1-85391-186-0. 
  3. ^ Clancey, P.A. (1991). Forshaw, Joseph, ed. Encyclopaedia of Animals: Birds. London: Merehurst Press. hlm. 176. ISBN 1-85391-186-0.