Keprimatan Spanyol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Keprimatan Spanyol (Portugis: Primaz das Espanhas; Spanyol: Primado de las Españas, bahasa Katalan: Primat de les Espanyes) adalah keprimatan dari Semenanjung Iberia, yang secara historis dikenal sebagai Hispania atau dalam bentuk jamak sebagai Spanyol. Uskup Agung Braga, di Portugal, telah mengklaim keutamaan ini atas seluruh Semenanjung Iberia sejak abad pertengahan, namun saat ini keutamaannya hanya diakui di Portugal. Uskup Agung Toledo di Spanyol telah mengklaim Primasi Spanyol, sebagaimana yang dilihat oleh primata di atas semua uskup lainnya di Spanyol. Selain itu, Uskup Agung Tarragona di Katalunya juga menggunakan gelar tersebut. Para Uskup Agung di Braga, Toledo dan Tarragona, jika dinaikkan ke pangkat kardinal, dikenal sebagai Kardinal-Primat.

Keprimatan Braga[sunting | sunting sumber]

Katedral Braga.

Uskup Agung Braga telah mengklaim gelar Primat Spanyol (Portugis: Primaz das Espanhas) sebagai keuskupan tertua di Semenanjung Iberia.[1] Untuk Kerajaan Portugal yang baru dibentuk, Braga, ibu kota bekas Kerajaan Suebi dan Kabupaten Portucale (yang lebih awal sebelum Kerajaan) adalah situs keagamaan terbesar dan pada dasarnya ditentang oleh yurisdiksinya atas keuskupan Coimbra dan Zamora. Uskup seperti João Peculiar dan Estêvão Soares da Silva melakukan protes di hadapan Paus, dan Honorius III meninggalkan masalah yang belum terselesaikan (bulla kepausan tanggal 19 Januari 1218).

Pada tahun 1364, uskup Braga João de Cardaillac memutuskan untuk menyandang gelar Primat Spanyol. Konflik prelasi yang terjadi selama Konsili Trente (dengan Uskup Friar Bartolomeu dos Martyrs) menghasilkan resolusi kepausan yang memperhitungkan tanggal pengangkatan masing-masing uskup, dengan hanya protokoler konsekuensi. Dalam laporan singkatnya «Reddite nobis» (10 Januari 1562) ia menegaskan pemeliharaan hak-hak tradisional Braga.

Namun, pada abad ke-14, keuskupan Galicia dan Leon tidak lagi mendahulukan Uskup Agung-Primata Braga.

Meskipun demikian, Uskup Agung-Primata Braga masih menduduki peringkat di atas semua uskup agung lainnya di Portugal, kecuali Patriarkat Lisbon sejak uskup agung tersebut dibentuk pada tahun 1716.

Keprimatan Toledo[sunting | sunting sumber]

Katedral Toledo.
Provinsi Diokletianus di Hispania

Awalnya, setelah pembagian provinsi oleh Diokletianus pada abad ke-3, kota Toletum (sekarang Toledo) berada dalam provinsi Romawi Carthaginensis, yang beribukota di Carthago Nova (sekarang Kartagena). Pembagian Hispania menjadi keuskupan gerejawi didasarkan pada pembagian provinsi Romawi, sehingga kedudukan uskup di Toledo pada awalnya bergantung pada kedudukan di Cartagena.

Masalah ini muncul pada pertengahan abad ke-6 ketika kaisar Bizantium Justinian menguasai wilayah penting Hispania, termasuk pusat keuskupan yang sama pentingnya dengan Cartagena (berganti nama menjadi Carthago Spartaria oleh Justinianus), Corduba , Begastri dan Illici. Pusat metropolitan dan ibu kota provinsi berada di wilayah yang diduduki oleh Bizantium dan, tak lama setelah naik takhta, raja Visigoth Gundemar mempromosikan diadakannya sinode di Toledo. Sinode tersebut menyetujui bahwa Toledo adalah metropolitan seluruh provinsi, merebut gelar tersebut dari kursi uskup di Cartagena - perjanjian tersebut kemudian disahkan oleh raja dalam dekrit tanggal 23 Oktober 610.

Invasi Islam pada tahun 711 menjadikan Toledo sebagai kota di bawah pemerintahan Islam selama 350 tahun berikutnya, jauh dari perbatasan melalui batu geografis sungai Duero di dataran tinggi utara , dan kemudian oleh Sierra Tengah, sebagai wilayah perbatasan Taifa selama 80 tahun berikutnya di mana kontak dengan kerajaan Kristen di utara akan semakin dekat. Posisi tersebut membuat Takhta berada di bawah kekuasaan Islam, ditoleransi sebagai gereja Allah yang sesat namun tunduk sebagai Dhimmi atau klien seperti halnya orang Yahudi, yang membuatnya dihormati namun dilihat oleh raja-raja Kristen dan raja-raja mereka. para uskup yang mencurigai kebijakannya, dipengaruhi oleh kebijakan Cordoba. Setelah penaklukan kembali Toledo dipegang atau diperebutkan oleh Kerajaan Castille dan Kerajaan León dan kadang-kadang sebagai Infantazgo oleh ratu semi-independen dari keluarga kerajaan. Selama Reconquista, aliansi antara raja dan gereja terkonsentrasi pada hak istimewa berbeda yang ditawarkan satu sama lain. Segera setelah penaklukan Alfonso VI atas Toledo, Paus mengeluarkan bulla Cunctis Sanctorum pada tahun 1088/1089, mengakui pemegang keuskupan Toledo sebagai "primata" dan "metropolitan" seperti pada era Visigoth, dan secara meragukan dan tidak resmi berada di bawah pemerintahan Islam.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ José Marques (1999). O problema da primazia arquiepiscopal das Espanhas: Toledo ou Braga?. Lisbon.