Bartolomeus dari Braga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bartolomeus dari Braga

Bartolomeus dari Braga, Bartolomeus Fernandes atau Bartolomeus dos Mártires (3 Mei 1514 – 16 Juli 1590) adalah seorang imam Katolik Portugis. Ia lahir di Verdela, dekat kota Lisboa dalam sebuah keluarga Katolik. Setelah remaja, Ia masuk Ordo Dominikan dan mengucapkan kaulnya pada tanggal 20 November 1529. Setelah menyelesaikan studinya, ia ditugaskan untuk mengajar filsafat di sebuah biara di Lisboa. Selama sekitar dua puluh tahun, ia mengajar teologi di berbagai biara ordo Dominikan. Ia juga melanjutkan studi dan berhasil meraih gelar Master Teologi di Salamanca, Spanyol.

Ketika sedang mengajar di biara Dominikan di Batalha, ia diminta untuk ke Évora oleh Raja Portugal Dom Luis agar menjadi guru agama bagi anaknya, Dom António. Ia mengabdikan dirinya selama dua tahun untuk tugas ini. Pada tahun 1558, ia diangkat menjadi Uskup Agung Braga. Pada tahun 1559, ia ditahbiskan menjadi uskup agung Braga.

Ia sangat berperan dalam Konsili Trente yang dilaksanakan pada tahun 1561. Ia sangat menonjol dalam sidang-sidang di konsili ini, dan sangat dihargai oleh para pemimpin gereja, baik karena kedalaman pemahaman teologinya, maupun karena kesucian hidup dan kerendahan hatinya. Ia memiliki pengaruh yang besar dalam diskusi-diskusi, terutama yang memutuskan tentang reformasi kehidupan gerejawi.

Setelah konsili berahir, ia kembali berperan aktif dalam sosialisasi hasil dari Konsili tersebut. Ia segera mengadakan sidang sinode keuskupan demi pemulihan disiplin kehidupan gerejawi dan memperbaharui kehidupan moral bagi para imam dan umat di keuskupannya. Ia mengabdikan dirinya untuk melaksanakan reformasi gereja sesuai dengan keputusan konsili Trente.

Ia memiliki kepedulian yang sangat besar pada orang-orang miskin dan anak-anak terlantar. Ia membangun sebuah rumah sakit untuk orang-orang miskin dan sebuah rumah penampungan bagi anak-anak terlantar di keuskupannya. Ia juga mendirikan mendirikan sebuah seminari tinggi di keuskupannya.

Pada tanggal 20 Pebruari 1582, setelah berulang kali mengajukan permohonan, akhirnya Paus Gregorius XIII mengizinkannya untuk mengundurkan diri dari jabatannya. Dengan gembira bapa uskup menarik diri dari dunia ramai untuk tinggal dalam keheningan biara Dominikan di Viana do Castelo. Disana Ia menghabiskan delapan tahun terakhir dalam hidupnya dalam doa dan bermatiraga.

Ia meninggal dunia pada tanggal 16 Juli 1590. Ia dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II pada tanggal 4 November 2001.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]