Kepangeranan Galilea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kepangeranan Galilea
Vasal Kerajaan Yerusalem
1099–1187
Ibu kota Tiberias
Bahasa Latin, Perancis Kuno, Italia (juga dituturkan bahasa Arab dan bahasa Yunani
Agama Katolik, Ortodoks Yunani, Ortodoks Siria, Islam, Yudaisme
Bentuk pemerintahan Monarki feudal
Pangeran
 -  1099–1101 Tancred
 -  1174–1187 Raymond III
Era sejarah Abad Pertengahan
 -  Perang Salib Pertama 1099
 -  Ditaklukkan Salahuddin 1187
Pendahulu
Pengganti
Kekhalifahan Fatimiyyah
Dinasti Ayyubiyyah

Kepangeranan Galilea adalah salah satu dari empat seigneurie di Kerajaan Yerusalem. Kepangeranan ini mengendalikan secara langsung wilayah Galilea di sekitar Tiberias. Jika vasal-vasalnya juga dipertimbangkan, kepangeranan ini juga menguasai seluruh wilayah Galilea dan Fenisia selatan (kini Lebanon). Wilayah-wilayah yang menjadi vasal Kepangeranan Galilea adalah Ketuanan Beirut, Nazareth dan Haifa.

Kepangeranan ini didirikan pada tahun 1099 setelah Tancred memperoleh wilayah Tiberias, Haifa, dan Bethsan dari Godfrey dari Bouillon. Pada tahun 1101 Baldwin I membatasi kekuasaan Tancred dengan menyerahkan Haifa kepada Galdemar Carpenel, dan Tancred dipaksa melepaskan kendalinya atas kepangeranan ini dan menjadi wali di Kepangeranan Antiokhia. Kepangeranan ini lalu menjadi wilayah keluarga St Omer, Montfaucon (Falcomberques), dan lalu menjadi wilayah keluarga Bures. Ibukota kepangeranan ini terletak di kota Tiberias, sehingga wilayah ini kadang juga disebut Kepangeranan Tiberias. Kepangeranan ini dihancurkan oleh Salahuddin pada tahun 1187, tetapi gelar Pangeran Galilea masih dipakai oleh raja-raja Siprus (yang juga memegang gelar Raja Yerusalem walaupun negara Yerusalem sudah bubar).

Daftar Pangeran Galilea[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • John L. La Monte, Feudal Monarchy in the Latin Kingdom of Jerusalem, 1100-1291. The Medieval Academy of America, 1932.
  • Jonathan Riley-Smith, The Feudal Nobility and the Kingdom of Jerusalem, 1174-1277. The Macmillan Press, 1973.
  • Steven Runciman, A History of the Crusades, Vol. II: The Kingdom of Jerusalem and the Frankish East, 1100-1187. Cambridge University Press, 1952.
  • Steven Tibble, Monarchy and Lordships in the Latin Kingdom of Jerusalem, 1099-1291. Clarendon Press, 1989.