Keong Semak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
keong semak
cangkang Bradybaena similaris
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
(tanpa takson):
Superfamili:
Famili:
Genus:
Spesies:
B. similaris
Nama binomial
Bradybaena similaris
Sinonim

Helix similaris Férussac,

Keong Semak (Bradybaena similaris) adalah keong darat yang sering ditemukan disekitar halaman rumah atau kebun.[2] Cangkangnya bundar dan cembung, berwarna kuning kecoklatan.[2] Siput dewasa berukuran 10–12 mm, diameter 14–18 mm dengan 5-6 alur lingkaran.[3] Biasanya bersembunyi di semak, di bawah batu atau benda lainnya di tanah.[2] Keong ini hidup di dataran rendah hingga daerah ketinggian 2.000 meter.[2] Tersebar hampir di seluruh daerah tropik.[2] Keoang semak dikenal juga sebagai hama sayuran dan tanaman hias.[2] Memakan daun dan akar-akar muda, hingga menganggu pertumbuhan tanaman yang diserang, dapat juga menjadi tuan rumah antara cacing parasit Eurytrema pancreaticum yang merupakan penyebab radang pangkreas pada sapi, kerbau, biri-biri, kambing, dan babi.[2]

Dundee dan Cancienne melaporkan bahwa siput ini bisa bertahan musim dingin di Louisiana di mana suhu bisa jatuh serendah 5-10 °C.[4] Sebagai spesies ini sering ditemukan di daerah dengan rumput tinggi dan kelembaban yang tinggi.[4] Biasanya ditemukan di kebun, rumah kaca, dan kadang-kadang di bawah kayu atau cabang jatuh.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ André Étienne d'Audebert de Férussac|Férussac A. E. J. P. J. F. d'Audebard de. Tableaux systématiques des animaux mollusques classés en familles naturelles, dans lesquels on a établi la concordance de tous les systèmes; suivis d'un prodrome général pour tous les mollusques terrestres ou fluviatiles, vivants ou fossiles. pp. j-xlvij [= 1-47], [1], 1-27, 1-110, [1]. Paris, Londres. (Bertrand, Sowerby).
  2. ^ a b c d e f g (Indonesia) Hassan Shadily Ensiklopedi Indonesia Jilid ke-3. 1984. Jakarta: Ictiar Baru- Van Hoeve dan Elsevier Publishing Projects. hal 1743-1744.
  3. ^ (Indonesia) "Labscorner.org". Bradybaena similaris (Siput semak). Diakses tanggal 14 Juni 2014. 
  4. ^ a b c (Inggris) "Asian Trampsnail, Gulf State Marine Fisheries Commission". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-06-24. Diakses tanggal 2007-09-29.