Kenneth D. Bailey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kenneth D. Bailey (21 Oktober 1910  – 26 September 1942) adalah seorang prajurit Korps Marinir Amerika Serikat dengan pangkat Mayor yang menerima penghargaan militer tertinggi Amerika Serikat, Medal of Honor, atas aksinya di Henderson Field, Guadalcanal, Kepulauan Solomon pada tanggal 12 - 13 September 1942.

Kehidupan dan karier[sunting | sunting sumber]

Ia lahir di Pawnee, Oklahoma pada tanggal 21 Oktober 1910. Ia kemudian pindah ke Danville, Illinois, bersama kedua orangtuanya. Ia bergabung selama tiga tahun dalam 130th Infantry Regiment, Illinois National Guard, dan menyelesaikan pendidikannya di University of Illinois pada 1935. Ia diangkat sebagai letnan kedua di Korps Marinir pada 1 Juli 1935 dan ditempatkan di Barak Marinir, Philadelphia, Pennsylvania, dan menyelesaikan pendidikan militer di sana.

Sebagai Korps Marinir di 5th Marine Regiment, ia berpartisipasi dalam manuver di San Diego, California, serta di laut Karibia. Pada bulan Juni 1938, ia bergabung dengan Marine Detachment di kapal perang USS Pennsylvania (BB-38) sebagai Detachment dan Battery Officer. Ia mendapatkan kenaikan pangkat menjadi letnan pertama pada 19 Januari 1939, saat bertugas di kapal tersebut.

Pada masa Perang Dunia II, ia dikirim untuk bertempur melawan pasukan Jepang . Ia tewas dalam pertempuran tersebut dan karena jasa-jasanya, ia mendapatkan penghargaan Medal of Honor dari pemerintah Amerika Serikat, sebagai bentuk penghargaan tertinggi atas aksinya yang luar biasa berani dan melampaui tugas yang diberikan kepadanya.[1] Selain Medal of Honor, ia juga mendapatkan penghargaan lain, yaitu Silver Star dan Purple Heart.

Tindakan heroik[sunting | sunting sumber]

Kala itu Kenneth D. Bailey dan pasukannya bertempur melawan tentara Jepang sebagai bagian dari Perang Dunia II. Setelah mengalami pertempuran hebat di malam sebelumnya, Mayor Bailey dan pasukannya segera melakukan reorganisasi dan ditempatkan sebagai pasukan cadangan yang posisinya berada di antara pasukan garis depan dan sebuah bandara. Tak lama setelah menempati posisinya, pasukan mereka diserang dari samping oleh pasukan musuh yang jauh lebih besar. Serangan dari samping ini membahayakan pasukan utama di depan.[2] Ia menerima penghargaan ini dari Presiden Amerika Serikat Franklin Delano Roosevelt

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]