Kementerian Pendidikan Arab Saudi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kementerian Pendidikan Arab Saudi
Logo Kementerian Pendidikan Arab Saudi.jpg
Situs webhttp://www.moe.gov.sa/

Kementerian Pendidikan Arab Saudi (Arab: وزارة التربية والتعليم السعودية Wuzarah at-Tarbiyah wa at-Ta'lim‎) adalah sebuah Kementerian dalam Pemerintahan Arab Saudi yang bertanggungjawab atas pendidikan di Arab Saudi, Kementerian ini berdiri pada tahun 1373 H. Saat ini kementerian ini dipimpin oleh Menteri Pendidikan Hamad bin Muhammad bin Hamad Al asy-Syaikh.

Sejarah Kementerian[sunting | sunting sumber]

Awal sistem pendidikan di Arab Saudi adalah pendirian Direktorat Pendidikan (Arab: مديرية المعارف Mudiriyah al-Ma'arif‎) pada tahun 1343 H sebagai peletakan asas sistem pendidikan untuk laki-laki. Dan pada tahun 1346 H, dikeluarkanlah keputusan untuk membentuk majelis yang bertujuan untuk membuat sistem pendidikan yang membina pendidikan di wilayah Hijaz dan dengan semakin luasnya wilayah Kerajaan Arab Saudi, maka semakin luas kewenangan Direktorat Pendidikan dan fungsinya tidak hanya terbatas di Hijaz, tetapi harus menaungi urusan pendidikan di seluruh wilayah kerajaan, yang pada waktu itu berjumlah 323 sekolah dan berawal dari 4 sekolah.

Pada tahun 1373 H, Berdirilah Kementerian Pendidikan yang pada waktu itu dinamakan Wuzarah al-Ma'arif pada masa Raja Saud bin Abdul Aziz Alu Saud, yang merupakan perpanjangan dan pengembangan dari Direktorat Pendidikan, yang ditugaskan untuk merencanakan dan membina pendidikan formal untuk laki-laki ke tiga jenjang (Sekolah Dasar - Sekolah Menengah Pertama - Sekolah Menengah Atas), Dan Raja Fahd bin Abdul Aziz Alu Saud sebagai menteri pertama, Kemudian pada tahun 1380 H Dibentuklah Presidensi Umum untuk Pendidikan Perempuan pada masa Raja Faisal bin Abdul Aziz Alu Saud.

Pada tahun 1424 H Nama Wuzarah al-Ma'arif diganti menjadi Wuzarah at-Tarbiyah wa at-Ta'lim.

Daftar Menteri[sunting | sunting sumber]

No Nama Menjabat pada Berakhir Pada
1 Fahd bin Abdul Aziz Alu Saud 1373 H 1382 H
2 Abdul Aziz bin Muhammad Alu asy-Syaikh 1382 H 1390 H
3 Hasan bin Abdullah Alu asy-Syaikh 1390 H 1395 H
4 Abdul Aziz bin Abdullah al-Khuwaithir 1395 H 1416 H
5 Muhammad bin Ahmad ar-Rasyid 1416 H 1425 H
6 Abdullah bin Shalih al-Ubaid 1425 H 1430 H
7 Faisal bin Abdullah bin Muhammad Alu Saud 1430 H 1435 H
8 Khalid al-Faisal bin Abdul Aziz Alu Saud 1435 H Petahana

Referensi[sunting | sunting sumber]


Pranala luar[sunting | sunting sumber]