Kementerian Perumahan Arab Saudi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kementerian Perumahan Arab Saudi
Logo Kementerian Perumahan Arab Saudi.jpg
Situs webhttp://www.housing.gov.sa/

Kementerian Perumahan Arab Saudi (bahasa Arab: وزارة وزارة الإسكان السعودية Wuzarah al-Iskan as-Su'udiyyah‎) adalah sebuah kementerian dalam Pemerintah Arab Saudi yang bertanggungjawab atas semua tugas dan fungsi yang terkait dengan perumahan, sesuai dengan kerangka acuan yang dimiliki oleh Otoritas Perumahan Arab Saudi. Kementerian ini bertanggungjawab atas semua aspek lahan perumahan di seluruh wilayah negeri.

Sejarah Kementerian[sunting | sunting sumber]

Kementerian ini berdiri pada hari Jum'at, 20 Rabi'ul Akhir 1432 H, sesuai dengan Surat Keputusan Kerajaan yang dikeluarkan oleh Pelayan Dua Tanah Suci Raja Abdullah bin Abdul Aziz Alu Saud, keputusan ini dibuat atas keperluan mendesak dalam memperluas perumahan yang layak bagi seluruh warganegara dan melaksanakan perintah raja untuk membangun setengah juta tempat tinggal bagi warganegara yang berpenghasilan rendah. Kementerian ini dipimpin oleh Menteri Perumahan Dr. Syuwaisy bin Saud ad-Dhuwaihi yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Real Estate.

Tujuan Kementerian[1][sunting | sunting sumber]

Kementerian bertujuan untuk memberikan tempat tinggal yang layak sesuai dengan kebutuhan warganegara, terutama sebagai berikut:

  1. Memberikan kemudahan bagi warganegara untuk mendapatkan tempat tinggal yang berkualitas dan terjangkau di waktu yang tepat
  2. Meningkatkan presentase kepemilikan rumah
  3. Mendorong partisipasi sektor swasta dalam mendukung berbagai kegiatan dan program dibidang perumahan
  4. Meningkatkan jumlah perumahan dalam berbagai jenis

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tujuan Kementerian". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-06-12. Diakses tanggal 2014-06-16. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]