Kelompok Agromedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kelompok Agromedia atau Agromedia Group adalah kelompok penerbit buku yang didirikan pada 1 April 2001 oleh Hikmat Kurnia. Dimulai dengan pendirian Penerbit Agromedia Pustaka yang berkonsentrasi pada penerbitan buku-buku pertanian. Kemudian berkembang dan beranak pinak menjadi berbagai penerbit dengan spesifikasi masing-masing. GagasMedia, Bukune, dan Mediakita adalah penerbit anak perusahaan Kelompok Agromedia yang berkonsentrasi pada buku novel remaja dan budaya pop. Ada Trans Media Pustaka yang menyajikan konten pengembangan diri dan Kawan Pustaka serta Demedia yang membidik pembaca perempuan.

Kelompok Agromedia
Kelompok Penerbit
Didirikan1 April 2001
Kantor
pusat
Jakarta
PemilikHikmat Kurnia
Situs webagromediagroup.com


Tidak hanya itu, Kelompok Agromedia melahirkan penerbit C-Media, B-Media, dan Bintang Wahyu, yang menyajikan buku untuk pendukung pelajaran. Wahyu Media, Cikal Aksara, Ruang Kata, dan Anak Kita adalah penerbit yang menyasar pembaca buku anak. Ada pula penerbit yang menyajikan konten keislaman, yaitu Wahyu Qolbu dan Qultum Media. Selain itu masih ada Visi Media, Tangga Pustaka, Indonesia Tera, dan Gradien Mediatama.


Diluar urusan penerbit, Kelompok Agromedia juga dikenal sebagai distributor buku. Di jajaran distributor buku, ada Kawah Media yang membidik toko buku modern. Ada Transmedia yang menyasar segmen e-commerce. Ada Agromedia yang membidik ceruk pasar di jaringan toko buku tradisional. Ada pula Buka Buku Pustaka yang bergiat memasarkan buku lewat pameran dan pasar khusus. Selain itu masih ada BukuKita, Suka Buku, dan Buku Seru yang memasarkan buku-buku dari berbagai penerbit eksternal. Dan untuk membidik pasar e-book, sebagai wujud buku digital, kelompok usaha ini memiliki Republik Media Kreatif (RMK) yang memasarkan buku lewat Google Play dan platform digital lainnya.


Kelompok Agromedia selalu aktif dalam acara perbukuan setiap tahunnya, seperti Jakarta Book Fair, dan aktif dalam acara sosial.

Referensi[sunting | sunting sumber]

^ Jakbook Festival 2019: Harga Buku Mulai Rp5.000 dan Ada Diskon 70%

^ Gandeng Penerbit Agromedia, WMI Bagikan Ribuan Judul Buku

^ Pekan Karya Ilmiah UIN SU Diyakini Bisa Tingkatkan Produktivitas Dosen Diarsipkan 2019-11-05 di Wayback Machine.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Website