GagasMedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

GagasMedia adalah penerbit nasional di Indonesia. Didirikan pada tanggal 4 Juli 2003 oleh FX Rudy Gunawan, Anthonius Riyanto, Moammar Emka, Hikmat Kurnia, dan Andi Dominicus, GagasMedia memilih target pasar remaja hingga dewasa muda.[1] Buku-buku terbitan GagasMedia cenderung chicklit dan teenlit yang fokusnya percintaan dan kehidupan rumah tangga. Namun, GagasMedia juga beberapa kali menerbitkan novel komedi, thriller, fantasi, sastra kontemporer, selama masih sesuai dengan segmen yang dibidik. GagasMedia juga menerbitkan buku-buku nonfiksi bergaya guide, how to, filosofi populer, dan sebagainya.

Sebagai penerbit, GagasMedia berkepentingan untuk menjaring penulis-penulis muda. Komitmen itu diwujudkan melalui berbagai bentuk pelatihan menulis: mulai dari bengkel penulisan, workshop penulisan, kelas menulis kreatif, hingga pemberian beasiswa sekolah menulis. GagasMedia beberapa kali bekerja sama dengan IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia) untuk menerbitkan karya-karya peserta.[2] Mereka percaya, ini merupakan salah satu cara menambah jumlah judul buku yang terbit di Indonesia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Situs resmi GagasMedia, http://gagasmedia.net Diarsipkan 2023-06-14 di Wayback Machine., diakses terakhir 21 Maret 2012
  2. ^ Minat Baca Belum Tinggi, Harian Kompas 16 Mei 2008.