Keling perak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Keling perak
Halichoeres hortulanus

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN187673
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoPerciformes
FamiliLabridae
GenusHalichoeres
SpesiesHalichoeres hortulanus
(Lacépède, 1801)
Tata nama
ProtonimLabrus hortulanus

Keling perak ( Halichoeres hortulanus ) adalah ikan dari keluarga ikan keling . Ini asli ke daerah termasuk Samudra Hindia ke Samudra Pasifik tengah.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Keling perak adalah ikan berukuran kecil yang dapat mencapai panjang maksimum 27 sentimeter (11 in) . Jenis kelamin dan penampilannya berubah selama hidupnya, dan pewarnaan pada setiap tahap agak bervariasi berdasarkan lokasi. Tubuhnya kurus, relatif memanjang dan mulutnya terminal. [2]

Pada tahap remaja, ikan keling ini memiliki warna latar belakang putih keperakan dengan tiga bercak vertikal hitam dan merah tua dari belakang kepala, tengah tubuh dan di pangkal ekor. Osellus hitam dengan cincin kuning menghiasi bagian belakang sirip punggung, dua bintik putih khas juga terlihat di atas dan bawah pangkal ekor. Juga garis kemerahan melewati mata mulai dari ujung moncong.

Pada fase terminal (setelah jenis kelamin ditentukan saat dewasa), ada variasi warna yang besar. Keling perak memiliki warna dasar putih kehijauan dengan biru ke hitam di tepi sisiknya, mengingatkan pada pola kotak-kotak. Kepala berwarna kehijauan dengan garis-garis merah jambu memanjang ke titik-titik di belakang mata hingga pangkal sirip punggung. Bintik kuning cerah muncul di tepi sisi dan sirip punggung. Beberapa variasi warna terjadi dengan kemungkinan bercak hitam tepat di belakang ciri khas bercak kuning pertama, dan bercak kuning cerah kedua dapat dilihat di sepanjang tepi sirip punggung tetapi di ujung ini nanti. Di Laut Merah, separuh punggung beberapa individu mungkin berwarna biru. Sirip ekor terpotong dan biasanya berwarna kuning dengan pola merah muda, yang bisa pudar atau biru seluruhnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rocha, L.; Craig, M. (2010). "Halichoeres hortulanus". 2010: e.T187673A8596689. doi:10.2305/IUCN.UK.2010-4.RLTS.T187673A8596689.en. 
  2. ^ Randall, J.E., G.R. Allen and R.C. Steene, 1990.