Ikan nori

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ikan nori
Labridae Edit the value on Wikidata
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoPerciformes
UpaordoLabroidei
FamiliLabridae Edit the value on Wikidata
Cuvier, 1816
Tata nama
Sinonim taksonIkan kakatua
Odacidae (en) Terjemahkan Edit the value on Wikidata

Ikan nori[1][2] adalah ikan laut dari famili Labridae, di mana kebanyakan spesiesnya berwarna cerah. Keluarga ikan ini berjumlah besar, dengan sekitar 500 spesies dari 60 genera.

Mereka pada umumnya adalah ikan kecil, dengan ukuran kurang dari 20 cm panjangnya, meski yang terbesar, ikan napoleon, dapat mencapai panjang 2,5 meter. Mereka adalah karnivora yang efisien, memakan berbagai invertebrata kecil. Banyak nori kecil memakan sisa makanan ikan besar dengan cara mengikutinya dan mengambil sisa makanannya, atau mengambil invertebrata yang terganggu oleh arus ikan besar tersebut.

Nori hanya ditemukan di lautan. Mereka ditemukan di Samudra Atlantik, Hindia, dan Pasifik. Umumnya mendiami perairan dangkal seperti terumbu karang dan pantai berbatu di mana mereka hidup dekat dengan substratnya.

Nori memiliki mulut protraktil, umumnya dengan rahang yang terpisah dengan tengkoraknya. Banyak spesies yang dapat diketahui hanya dengan melihat bentuk bibirnya yang tebal, bagian dalamnya umumnya terlipat. Sirip bagian dorsal memiliki 8-21 ruas. Nori umumnya berwarna cerah dan bersifat dimorfisme seksual. Banyak spesies yang mampu mengubah jenis kelaminnya; spesies remaja umumnya berkelamin ganda, tetapi spesies dewasa sudah memiliki satu kelamin.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ M.Si, Prof Dr Ir Ari Purbayanto, M. Sc, Mochammad Riyanto, S. Pi, M. Si, Dr Aristi Dian Purnama Fitri, S. Pi (2019-06-01). Fisiologi dan Tingkah Laku Ikan pada Perikanan Tangkap. PT Penerbit IPB Press. ISBN 978-602-440-866-4. 
  2. ^ Riyanto, Muhammad (2011). "EFEKTIVITAS PENANGKAPAN IKAN KERAPU MACAN (EPINEPHELUS FUSCOGUTTATUS) DENGAN BUBU MENGGUNAKAN UMPAN BUATAN". Jurnal Harpodon Borneo. 4 (1). doi:10.35334 Periksa nilai |doi= (bantuan). 
  • Choat, J.H. & Bellwood, D.R. (1998). Paxton, J.R. & Eschmeyer, W.N.. ed. Encyclopedia of Fishes. San Diego: Academic Press.