Keling nuri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Keling nuri
Thalassoma trilobatum
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN187707
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoPerciformes
FamiliLabridae
GenusThalassoma
SpesiesThalassoma trilobatum
(Lacépède, 1801)
Tata nama
Sinonim takson
  • Labrus trilobatus Lacépède, 1801
  • Labrus fuscus Lacépède, 1801[1]
ProtonimLabrus trilobatus

Keling nuri ( Thalassoma trilobatum ) adalah spesies ikan bersirip pari, keling dari famili Labridae yang berasal dari Samudra Hindia dan barat. Samudera Pasifik. Ini mendiami terumbu dangkal di kedalaman dari permukaan hingga 10 m (33 ft) . Ini tidak terlalu penting bagi perikanan komersial lokal dan dapat ditemukan dalam perdagangan akuarium .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Keling nuri memiliki 8 duri dan 13 duri lunak di sirip punggungnya dan 3 duri dan 11 duri lunak di sirip duburnya . Biasanya ada 16 sinar di sirip dada dan ada 25 sisik di gurat sisi . Pada fase awal, atau betina, sirip ekor mungkin sedikit membulat atau terpotong sedangkan pada fase terminal jantan dapat terpotong atau sedikit bergaris ganda. Betina berwarna abu-abu kehijauan hingga hijau pucat dalam warna tubuh dengan 5-6 bercak gelap di bagian belakang dan sepasang garis gelap, tidak terlalu jelas di bagian panggul. Sebagian besar sisik pada tubuh betina memiliki garis vertikal berwarna gelap. Ada juga tanda diagonal atau merah muda berbentuk C hingga merah tua di bawah bagian depan mata. Laki-laki dalam fase terminal memiliki warna tubuh yang salmon-merah muda ke oranye ke arah kepala, dengan 2 rangkaian horizontal persegi panjang hijau dengan sisi panjangnya di vertikal dengan masing-masing pasangan keempat dari rangkaian atas memanjang untuk membuat satu batang hijau melintang. punggung laki-laki. Kepala berwarna oranye kecokelatan dan tidak memiliki pita dan ekor berwarna kecoklatan hingga kehijauan, menaungi tepinya menjadi merah muda dan memiliki sinar di sepertiga terakhir berwarna biru. [1] Ikan ini mirip dengan cina-cina ( Thalassoma purpureum ) tetapi dibedakan darinya dengan kepala betina yang berbintik-bintik, tidak adanya tanda 'berbentuk V' di moncongnya dan, pada jantan, dengan warna kepalanya. [3] Mereka dapat tumbuh hingga 30 sentimeter (12 in) dengan panjang total . [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "{{{genus}}} {{{species}}}". FishBase. Ed. Ranier Froese and Daniel Pauly. August 2019 version. N.p.: FishBase, 2019. Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "Fishbase" didefinisikan berulang dengan isi berbeda
  2. ^ Cabanban, A.; Pollard, D. (2010). "Thalassoma trilobatum". 2010: e.T187707A8607569. doi:10.2305/IUCN.UK.2010-4.RLTS.T187707A8607569.en. 
  3. ^ Bray, D.J. (2017). "Thalassoma trilobatum". Fishes of Australia. Museums Victoria. Diakses tanggal 3 February 2020.