Kelenjar air mata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Aparatus lakrimal dari mata kanan

Kelenjar air mata atau kelenjar lakrimalis adalah kelenjar di mata yang mengeluarkan air mata.[1] Kelenjar lakrimalis terletak pada bagian lateral atas mata yang disebut dengan fossa lakrimalis.[2] Bagian utama kelenjar ini bentuk dan ukuranya mirip dengan biji almond, yang terhubung dengan suatu penonjolan kecil yang meluas hingga ke bagian posterior dari palpebra superior.[2] Dari kelenjar ini, air mata diproduksi dan kemudian dialirkan melalui 8-12 duktus kecil yang mengarah ke bagian lateral dari fornix konjungtiva superior dan di sini air mata akan disebar ke seluruh permukaan bola mata oleh kedipan kelopak mata.[2] Selanjutnya, air mata akan dialirkan ke dua kanalis lakrimalis, superior dan inferior, kemudian menuju ke punctum lakrimalis yang terlihat sebagai penonjolan kecil pada kantus medial.[2] Setelah itu, air mata akan mengalir ke dalam sakus lakrimalis yang terlihat sebagai cekungan kecil pada permukaan orbita.[2] Dari sini, air mata akan mengalir ke duktus nasolakrimalis dan bermuara pada meatus nasal bagian inferior.[2] Dalam keadaan normal, duktus ini memiliki panjang sekitar 12 mm dan berada pada sebuah saluran pada dinding medial orbita.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Indonesia) "Kelenjar Lakrimalis". Kamus Kesehatan. Diakses tanggal 01 Juni 2014.  Periksa nilai tanggal di: |accessdate= (bantuan)
  2. ^ a b c d e f g (Inggris) Ellis, Harold. 2006. Clinical Anatomy, A Revision and Applied Anatomy for Clinical Students Eleventh Edition. Massachusetts, USA : Blackwell Publishing, Inc.