Lompat ke isi

Kecici lurik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kecici lurik
Locustella lanceolata Edit nilai pada Wikidata

Edit nilai pada Wikidata
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22714654 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
DivisiManiraptoriformes
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliLocustellidae
GenusLocustella
SpesiesLocustella lanceolata Edit nilai pada Wikidata
Temminck, 1840
Tipe taksonomiLocustella Edit nilai pada Wikidata
Locustella lanceolata - MHNT

Kecici lurik ( Locustella lanceolata ) adalah spesies burung pengicau Dunia Lama dalam genus kecici Locustella . Ia berkembang biak dari timur laut Eropa Rusia melintasi Palearctic hingga utara Hokkaidō, Jepang. Ia bermigrasi, musim dingin di Asia Tenggara . Nama genus Locustella berasal dari bahasa Latin dan merupakan kependekan dari locusta, "belalang". [2] Ini mengacu pada nyanyian kecici eropa dan beberapa burung lain dalam genus ini. [3] Lanceolata spesifiknya adalah bahasa Latin untuk "berbentuk tombak" dan mengacu pada guratan di payudara. [2]

Burung pengicau kecil ini adalah spesies yang ditemukan di padang rumput dengan vegetasi semak atau pepohonan yang lebat, seringkali dekat dengan air di rawa atau lahan basah. Lima butir telur diletakkan dalam satu sarang di dalam tussock. Spesies ini adalah gelandangan langka di Eropa Barat. Salah satu tempat terbaik untuk melihat spesies mengintai ini sebagai gelandangan adalah Fair Isle, Shetland .

Ini adalah burung pengicau kecil. Burung dewasa memiliki punggung bergaris coklat dan bagian bawah abu-abu keputihan, yang memiliki guratan kecil seperti kepala tombak, yang juga ditemukan di bagian bawah. Jenis kelaminnya identik, seperti kebanyakan burung pengicau, tetapi burung muda bagian bawahnya lebih kuning. Seperti kebanyakan burung pengicau, ia adalah pemakan serangga.

Ini adalah spesies yang mengintai yang sangat sulit dilihat kecuali terkadang saat bernyanyi. Ia merambat melalui rerumputan dan dedaunan rendah.

Nyanyiannya bersifat monoton seperti serangga mekanis yang terguncang seperti pada spesies lain dalam kelompok, sering dibawakan saat senja.

Terdapat dua subspesies yang tercatat, seperti L. l. lanceolata (Temminck, 1840) dan L. l. hendersonii (Cassin, 1858) .

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ BirdLife International (2017). "Locustella lanceolata". 2017: e.T22714654A111074459. doi:10.2305/IUCN.UK.2017-1.RLTS.T22714654A111074459.en. 
  2. ^ a b Jobling, James A (2010). The Helm Dictionary of Scientific Bird Names. London: Christopher Helm. hlm. 219, 229. ISBN 978-1-4081-2501-4. 
  3. ^ "Grasshopper"Perlu langganan berbayar. Oxford English Dictionary (edisi ke-Online). Oxford University Press.  Templat:OEDsub