Keabasan Teritorial Nonantola

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Keabasan Teritorial Nonantola, didedikasikan kepada Santo Sylvester, adalah bekas biara Katolik yang diorganisir oleh Benediktin dan prelatur nullius di komune Nonantola, c. 10 km timur laut Modena, di wilayah Emilia Romagna, Italia. Gereja biara tetap menjadi basilika dan merupakan katedral bersama keuskupan Modena-Nonantola.

Biara Nonantola

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Relief Anselmus mendirikan Biara
Relikwi Santo Sylvester
Peninggalan Para Suci Nonantolan

Biara ini didirikan pada tahun 752 oleh Saint Anselm, Adipati Friuli dan saudara ipar raja Lombard Aistulf. Yang terakhir ini memberikan kekayaan besar kepada biara baru tersebut, memulai perannya sebagai salah satu pemilik tanah utama di Italia utara. Paus Stefanus II menunjuk Anselmus sebagai kepala biara pertamanya, dan mempersembahkan beberapa relik Santo Sylvester ke biara, yang kemudian diberi nama S. Silvestro de Nonantula. Setelah kematian Aistulf pada tahun 756, Anselmus diasingkan ke Monte Cassino oleh raja baru, Desiderius, tetapi dikembalikan oleh Charlemagne setelah tujuh tahun. Pada tahun 813 kepala biara Peter dari Nonantola dipilih sebagai duta besar Kekaisaran untuk Konstantinopel. Penggantinya, Ansfrid, memegang jabatan yang sama pada tahun 828. Pada tahun 883 biara ini dipilih sebagai tempat konferensi antara Charles the Fat dan Paus Marinus I.

Pada tahun 900, biara dan gereja dihancurkan sepenuhnya oleh invasi Hongaria, dan semua orang yang tidak melarikan diri dibunuh. Rekonstruksi segera dimulai.

Hingga abad ke-11 Nonantola adalah sebuah biara kekaisaran, dan disiplinnya sering kali sangat menderita karena campur tangan kekaisaran dalam pemilihan kepala biara: Nonantola sebenarnya adalah salah satu biara terkuat di Eropa dan kendali atas biara tersebut dianggap sebagai biara kekaisaran. masalah besar oleh kaisar dan paus. Ia memiliki scriptorium yang terkenal dan kepala biara Godeschalc memiliki basilika baru yang dibangun pada tahun 1058. Pada awal Konflik Penobatan ia memihak kaisar, hingga dipaksa tunduk kepada paus oleh Matilda dari Tuscany pada tahun 1083. Ia akhirnya mendeklarasikan dirinya secara terbuka untuk partai kepausan pada tahun 1111. Pada tahun itu biksu terkenal Placidus dari Nonantola menulis karyanya De honore Ecclesiæ, salah satu yang paling mampu dan pembelaan penting terhadap posisi kepausan yang ditulis selama Konflik Penobatan.

Kemunduran biara ini terjadi pada tahun 1419, ketika biara tersebut berada di bawah yurisdiksi abbas pujian. Pada tahun 1514 kepala biara Gian Matteo Sertorio memberikannya kepada Cistercians, namun biara tersebut terus mengalami kemunduran hingga dibubarkan oleh Paus Klemens XIII pada tahun 1768.[1] Alternatifnya mungkin telah digantikan oleh Duke Francesco III d'Este pada tahun 1783, pada masa biara Francesco Maria d'Este , dengan landasan kanon perguruan tinggi.[2]

Paus Pius VII memulihkannya sebagai biara pada tanggal 23 Januari 1821, dengan ketentuan bahwa prelatur nullius yang melekat padanya harus menjadi milik Uskup Agung Modena, di mana wilayah yang dikecualikan tersebut akhirnya diserap pada tahun 1986 menjadi membentuk Keuskupan Modena-Nonantola. Biara itu sendiri diambil alih oleh pemerintah Italia pada tahun 1866.

Bangunan[sunting | sunting sumber]

Balai Kota Nonantola sekarang ditempatkan di beberapa bangunan biara yang tersisa, salah satunya telah ditemukan fresco abad ke-11.

Museo Benedettino Nonantolano e Diocesano di Arte Sacra' ("Museum Seni Suci Benediktin Nonantolan dan Keuskupan") sekarang juga ditempatkan di lokasi tersebut, begitu pula arsip dan perpustakaan biara yang penting.

Basilika[sunting | sunting sumber]

Basilika adalah bangunan Romawi yang dibangun pada masa jabatan kepala biara Damian, yang pada awal abad ke-20 dikembalikan ke kondisi awal abad ke-12. Gereja memiliki bagian tengah dan dua lorong, dengan presbiteri. ruang bawah tanah, dengan enam puluh empat kolom, berasal dari abad ke-8 dan berisi relik tujuh orang suci: Santo Anselmus sang pendiri (w. 3 Maret 803); para perawan Saint Fusca dan Saint Anseris; para martir Saints Theopontus dan Senesius,[3] Santo Adrian III, dan Santo Sylvester sendiri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^  Herbermann, Charles, ed. (1913). "Nonantola". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton Company. 
  2. ^ menurut situs web resmi Biara Nonantola (dalam bahasa Italia)
  3. ^ Nonantola memiliki tengkorak; peninggalan Theopontus dan Senesius yang tersisa berada di gereja Radolfzell, di mana peninggalan tersebut diambil oleh Uskup Radolf dari Verona dari Biara Santo Fusca di Treviso pada tahun 830

Sumber[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 44°40′41″N 11°02′37″E / 44.677999°N 11.043524°E / 44.677999; 11.043524