Monte Cassino

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Biara Monte Cassino yang telah dibangun kembali

Monte Cassino (kadang ditulis Montecassino) adalah sebuah bukit berbatu yang terletak sekitar 130 km di sebelah tenggara kota Roma dan 2 km di sebelah barat kota Cassino di Italia. Bukit ini terletak di Lembah Latin dan memiliki ketinggian sebesar 520 m. Bukit ini dikenal akan biaranya. Santo Benediktus dari Nursia mendirikan biara pertamanya di sini sekitar tahun 529 dan biara ini merupakan asal mula Ordo Santo Benediktus.

Puncak bukit ini pernah menjadi tempat terjadinya Pertempuran Monte Cassino pada tahun 1944. Biaranya hancur akibat pengeboman oleh Sekutu dan kemudian dibangun kembali seusai Perang Dunia II. Temapt ini telah dikunjungi berkali-kali oleh Paus, termasuk Paus Benediktus XVI pada Mei 2009.

Semenjak reformasi yang dilancarkan oleh Konsili Vatikan Kedua, biara ini menjadi salah satu dari beberapa biara teritorial yang masih tersisa di dalam yurisdiksi Gereja Katolik. Pada tanggal 23 Oktober 2014, Paus Fransiskus memberlakukan motu proprio Ecclesia Catholica (Paulus VI, 1976)[1] yang mencabut yurisdiksi biara ini atas 53 paroki dan membatasi wilayahnya di biara itu saja, tetapi biara ini tetap memegang status biara teritorial. Bekas wilayah biara ini diserahkan kepada Keuskupan Sora-Cassino-Aquino-Pontecorvo.[2][3]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Catholica Ecclesia". Holy See. 
  2. ^ "Vatican announces reorganisation of Montecassino Abbey". Vatican Radio. October 23, 2014. 
  3. ^ "Vatican reorganizes Montecassino, mother abbey of the Benedictines". Catholic News Agency. October 24, 2014.