Kawat gigi lingual

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kawat gigi lingual[1] merupakan alah satu jenis kawat gigi (behel) permanen yang nyaris tidak terlihat dari luar. Behel ini tidak terlihat karena pemasangan behel ini bukan di permukaan gigi bagian luar, akan tetapi dipasang di permukaan gigi bagian belakang atau di bagian dalam.

Kawat gigi lingual adalah salah satu perkembangan teknologi dalam bidang ortodonti. Salah satunya didasari oleh kebutuhan pasien yang menginginkan pemasangan behel yang tidak terlihat dan tidak menyebabkan bentuk mulut menjadi maju karena pemasangan behel biasa. Tetapi tidak semua orang bisa menggunakan jenis behel ini, salah satunya adalah orang yang mempunyai pembukaan rahang yang kecil.

Proses pemasangan behel ini cenderung lebih lama dibanding behel biasa. Dan setelah pemasangan, pasien juga dituntut untuk lebih hati hati dalam mengunyah makanan. Serta untuk perawatan sehari-hari dibutuhkan kesabaran, ketelitian dan kehati-hatian dalam menyikat gigi, karena posisinya ada di bagian dalam. Dan pastinya pasien harus lebih rajin untuk kontrol ke dokter gigi.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Behel Gigi di Dalam (Lingual Braces) - Dokter Gigi". Dokter Gigi (dalam bahasa Inggris). 2018-07-11. Diakses tanggal 2018-09-29.