Kaveling

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Diagram contoh kaveling rumah dilihat dari atas, menunjukkan halaman depan dan belakang, posisi bangunan di petak, dan lingkungan sekitar. Batas kaveling diberi warna hitam, kecuali bagian depannya yang diberi warna merah. Dalam contoh ini, lingkungan sekitar mencakup trotoar, area parkir, dan bagian jalan di depan serta bagian gang di belakang. Struktur kaveling termasuk rumah, jalan setapak pribadi, dan di belakang - garasi terpisah dengan akses berkendara ke gang dan area kecil untuk membuang sampah.

Dalam lahan yasan, kaveling (tidak baku : kapling ; kavling) adalah sebidang tanah yang dimiliki atau dimaksudkan untuk dimiliki oleh suatu pemilik . Suatu kaveling pada dasarnya dianggap sebagai sebidang properti yasan di beberapa negara atau properti tidak bergerak (artinya hampir sama) di negara lain. Kemungkinan pemilik kaveling dapat berupa satu orang atau lebih atau badan hukum lain, seperti perusahaan, korporasi, organisasi, pemerintah, atau perwalian .

Sebidang tanah kecil yang kosong kecuali permukaan beraspal atau perbaikan serupa, biasanya semuanya digunakan untuk tujuan yang sama atau dalam keadaan yang sama sering juga disebut kaveling.[1] Contohnya adalah tempat parkir mobil beraspal atau sebidang kebun yang dibudidayakan.

Seperti kebanyakan jenis properti lainnya, perlis atau kaveling yang dimiliki oleh pihak swasta dikenakan pajak properti berkala yang harus dibayar oleh pemiliknya kepada pemerintah daerah seperti kabupaten atau kotamadya . Pajak lahan yasan ini didasarkan pada nilai taksiran dari properti riil; pajak tambahan biasanya berlaku untuk pengalihan kepemilikan dan penjualan properti. Biaya lain yang mungkin dikeluarkan oleh pemerintah untuk perbaikan seperti trotoar dan tepi jalan atau biaya dampak untuk membangun rumah di lahan kosong. Pemilik properti di Amerika Serikat dan berbagai negara lainnya juga tunduk pada zonasi dan pembatasan lainnya. Pembatasan ini mencakup batasan ketinggian bangunan, pembatasan gaya arsitektur bangunan dan struktur lainnya, undang-undang kemunduran, dll.

Definisi dan batasannya[sunting | sunting sumber]

Banyak yang telah menetapkan batas-batas (atau batas-batas) yang didokumentasikan di suatu kaveling, namun batas-batas tersebut tidak perlu ditunjukkan di tanah itu sendiri. Sebagian besar kaveling cukup kecil untuk dipetakan seolah-olah bidang tersebut datar, meskipun bumi memiliki lengkungan . Ciri-ciri besaran suatu kaveling adalah luasnya . Daerah tersebut biasanya ditentukan seolah-olah tanahnya datar dan rata, meskipun medan tanahnya mungkin tidak datar, yaitu mungkin lahannya mungkin berbukit. Luas permukaan kontur tanah dapat berubah-ubah dan mungkin terlalu rumit untuk menentukan luas suatu bidang kaveling.

Kaveling bisa datang dalam berbagai ukuran dan bentuk. Untuk dianggap sebagai satu kaveling, tanah yang digambarkan sebagai "kaveling" harus bersebelahan. Dua Persil terpisah dianggap dua kaveling, bukan satu. Seringkali ukuran kavling diperuntukkan bagi satu rumah atau bangunan lainnya. Banyak bidang tanah yang berbentuk persegi panjang, meskipun bentuk lain juga dimungkinkan asalkan batas-batasnya ditentukan dengan jelas. Metode penentuan atau pendokumentasian batas kaveling antara lain metes dan batas, metode kuadran, dan penggunaan diagram plat . Penggunaan metode metes dan batas dapat dibandingkan dengan menggambar poligon . Metes adalah titik-titik yang seperti simpul (sudut) suatu poligon. Batas adalah ruas garis antara dua meter yang berdekatan. Batasnya biasanya berupa garis lurus, tetapi bisa melengkung asalkan jelas batasnya.

Apabila batas-batas suatu kaveling tidak dicantumkan pada bidang tanah tersebut, maka dapat dilakukan survei terhadap kaveling tersebut untuk menentukan letak batas-batas tersebut berdasarkan uraian bidang tanah atau diagram plat. Survei formal dilakukan oleh surveyor yang berkualifikasi, yang dapat membuat diagram atau peta lahan yang menunjukkan batas, dimensi, dan lokasi struktur apa pun seperti bangunan, dll. Survei semacam itu juga digunakan untuk menentukan apakah ada perambahan pada lahan tersebut. . Surveyor terkadang dapat menempatkan pos di banyak tempat.

Bagian batasan suatu kaveling adalah di sebelah jalan atau jalan raya adalah bagian depan. Pengembang mencoba untuk menyediakan setidaknya satu sisi bagian depan untuk setiap lahan, sehingga pemilik dapat memiliki akses transportasi ke lahan mereka. Sesuai dengan namanya, bagian depan jalan menentukan sisi mana yang merupakan bagian depan dan sisi yang berlawanan adalah bagian belakang. Apabila luas kaveling diketahui dari akta, maka garis depan dapat dihitung kedalamannya dengan mengukur lebarnya (luas dibagi lebar = kedalaman). Kadang-kadang jalan masuk kecil, biasanya tidak disebutkan namanya, disebut gang, biasanya milik publik, juga menyediakan akses ke bagian belakang lahan. Jika terdapat gang, garasi sering kali terletak di belakang lahan dengan akses dari gang. Juga bila ada gang, pengumpulan sampah bisa dilakukan dari gang tersebut. Kaveling sudut suatu blok mempunyai dua sisi depan dan disebut kaveling sudut. Lahan sudut mungkin memiliki keuntungan karena garasi dapat dibangun dengan akses jalan dari samping, namun memiliki kelemahan yaitu terdapat lebih banyak halaman taman yang harus dipangkas dan lebih banyak trotoar untuk menyekop salju. Di kawasan dengan blok yang besar, perumahan terkadang dibangun di tengah blok. Dalam situasi ini, lahan tersebut biasanya memiliki jalan masuk yang panjang untuk menyediakan akses transportasi. Karena bentuknya yang menyerupai bendera (rumah) pada tiang bendera (jalan masuk), maka kaveling ini disebut kaveling bendera.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "FDIC: FIL-90-2005: Residential Tract Development Lending: Frequently Asked Questions". www.fdic.gov. Diakses tanggal 2022-06-28.