Kategori kawasan lindung Ukraina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kategori Kawasan Lindung Lingkungan Alam Ukraina didirikan kembali (didefinisikan ulang) oleh Verkhovna Rada (parlemen nasional Ukraina) setelah jatuhnya Uni Soviet . Pada tanggal 16 Juni 1992 Presiden Ukraina Leonid Kravchuk menandatangani undang-undang tentang Dana Pelestarian Alam Ukraina . Undang-undang tersebut telah mendefinisikan kembali sistem manajemen perlindungan lingkungan yang sudah mapan untuk Ukraina sebagai negara yang berdaulat dan merdeka sepenuhnya. Taman Nasional di Ukraina dan kawasan lindung lainnya di Ukraina termasuk situs Ramsar di Ukraina, cagar biosfer Ukraina, Taman Alam Nasional Ukraina, Cagar Alam Ukraina, Taman lanskap regional Ukraina, Monumen alam Ukraina, Jalur lindung Ukraina dan Habitat/ Area yang Dikelola Spesies di Ukraina.

Sistematisasi kawasan lindung[sunting | sunting sumber]

Undang-undang tersebut mendefinisikan sepuluh kategori kawasan lindung. Secara umum, kategori tersebut sesuai dengan kategori kawasan lindung IUCN yang diakui secara internasional (lihat Komisi Dunia untuk Kawasan Lindung ).

Tabel di bawah mencantumkan kategori kawasan lindung, tingkat pengelolaan dan badan proklamasi. Perhatikan bahwa kategori tidak harus hierarkis.

Kelas IUCN Kategori perlindungan Maksud Bentuk properti Jenis ciptaan
I CAGAR BIOSFER ( SANCTUARY ) Konservasi kompleks alam yang khas, pemantauan ekologi, dan pendidikan internasional / non-swasta alami
CAGAR ALAM ( SANCTUARY ) Konservasi kompleks alam yang khas atau unik, pendidikan, penelitian ilmiah untuk perlindungan lingkungan, penggunaan dan keamanan ekologis nasional/non swasta alami
II TAMAN ALAM NASIONAL Konservasi, restorasi, dan efisiensi untuk nilai sejarah-budaya, estetika, pendidikan, dan sejenisnya nasional/non swasta alami
V TAMAN LANSKAP REGIONAL Konservasi kompleks alam yang khas atau unik dan pelaksanaan rekreasi yang terorganisir daerah/umum alami
VI/VII CAGAR ALAM ( ZAKAZNIK ) Konservasi dan pemulihan kompleks alam atau komponennya yang terpisah daerah/umum alami
III TEMPAT ALAM Konservasi alam yang utuh (sebagai makna lingkungan khusus, ilmiah, estetika, pendidikan, dan budaya) daerah/umum alami
SALURAN YANG DILINDUNGI Pelestarian alam yang utuh (sebagai makna ilmiah, lingkungan, dan estetika yang penting) daerah/umum alami
IV TAMAN BOTANIK Konservasi, studi botani, melakukan kegiatan ilmiah, instruksional, dan pendidikan daerah / umum* palsu
TAMAN DENDROLOGI (ARBORETUM) Konservasi, studi dendrologi daerah/umum* palsu
TAMAN ZOOLOGI Pendidikan, eksposisi, konservasi, studi fauna daerah/umum* palsu
LANDSCAPE ARSITEKTUR LANDMARK Pelestarian dan penggunaan contoh arsitektur lansekap yang paling menonjol dan berharga untuk tujuan estetika, pendidikan, ilmiah, lingkungan, dan rekreasi daerah/umum palsu
  • Catatan: Kebun raya, arboreta, dan taman zoologi yang dibuat sebelum 16 Juni 1992 tidak tunduk pada privatisasi .

Deskripsi lanjutan[sunting | sunting sumber]

Cagar Biosfer[sunting | sunting sumber]

Cagar Biosfer (bahasa sehari-hari biosfer zapovedniks ) adalah lembaga penelitian ilmiah yang dilindungi lingkungan dengan status internasional yang dibuat dengan maksud untuk konservasi dalam keadaan alami kompleks alami biosfer yang paling khas, melakukan pemantauan ekologi latar belakang, mempelajari lingkungan alam sekitarnya, perubahannya di bawah aktivitas faktor antropogenik.

Cagar Biosfer dibuat atas dasar cagar alam, taman alam nasional termasuk wilayah komposisinya dan objek dari kategori lain dari dana pelestarian alam dan lahan lainnya serta termasuk dalam tatanan yang ditetapkan Jaringan Cagar Biosfer Dunia dalam kerangka UNESCO " Manusia dan Program Biosfer ".

Cagar Alam[sunting | sunting sumber]

Cagar Alam (bahasa sehari-hari zapovednik alam ) adalah lembaga penelitian ilmiah yang dilindungi lingkungan dengan status di seluruh negara bagian yang dibuat dengan tujuan konservasi dalam keadaan alami yang khas atau unik untuk kompleks alam zona lanskap tertentu dengan seluruh koleksi komponennya, mempelajari proses dan fenomena alam yang terjadi di dalamnya, mengembangkan landasan ilmiah untuk perlindungan lingkungan alam sekitar, penggunaan sumber daya alam yang efisien serta keamanan ekologis.

Bidang tanah dan air dengan semua sumber daya alam sepenuhnya ditarik dari penggunaan komersial dan diberikan untuk dilestarikan dalam urutan yang ditetapkan oleh Hukum Ukraina.

Tujuan utama cagar alam adalah konservasi kompleks dan objek alam di wilayahnya, melakukan penelitian ilmiah dan pengamatan setelah keadaan lingkungan alam sekitarnya, pengembangan berdasarkan rekomendasi perlindungan lingkungan, sosialisasi kesadaran lingkungan, fasilitasi dalam persiapan ilmiah personel dan tenaga ahli di bidang perlindungan lingkungan alam sekitar dan pelestarian alam.

Cagar Alam juga bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan dan melakukan penelitian ilmiah di wilayah cagar alam, monumen alam, jalur yang dilindungi di suatu wilayah.

Taman Alam Nasional[sunting | sunting sumber]

Taman Alam Nasional adalah lembaga perlindungan lingkungan, rekreasi, pendidikan budaya, dan penelitian ilmiah dengan status di seluruh negara bagian yang dibuat dengan tujuan konservasi, pemulihan, dan penggunaan efektif kompleks dan objek alam yang memiliki perlindungan lingkungan khusus, kesehatan berorientasi, historis-kultural, edukatif, nilai estetis.

Plot tanah dan air dengan semua sumber daya alam dan objek ditarik dari penggunaan komersial dan diberikan kepada Taman Alam Nasional dalam rangka yang ditetapkan oleh Hukum Ukraina.

Komposisi wilayah Taman Wisata Alam Nasional dapat mencakup bidang tanah dan perairan pemilik tanah dan pengguna tanah lainnya.

Taman Alam Nasional diberi wewenang untuk melaksanakan tugas-tugas mendasar seperti itu:

  • konservasi kompleks dan objek alam dan bersejarah-budaya yang berharga;
  • menciptakan kondisi untuk pariwisata terorganisir, rekreasi, dan kegiatan luar ruangan lainnya dalam kondisi alami sesuai dengan rezim perlindungan kompleks dan objek alam yang dilestarikan;
  • melakukan penelitian ilmiah tentang kompleks alam dan perubahannya dalam kondisi penggunaan rekreasi, mengembangkan rekomendasi ilmiah tentang perlindungan lingkungan alam sekitar dan penggunaan sumber daya alam secara efektif;
  • pelaksanaan tugas pendidikan lingkungan.

Semua taman alam di Ukraina adalah taman nasional .

Taman lanskap regional[sunting | sunting sumber]

Taman lanskap regional adalah lembaga rekreasi yang dilindungi lingkungan dengan status lokal atau regional yang dibuat dengan tujuan konservasi dalam keadaan alami kompleks dan objek alam yang khas atau unik serta menyediakan kondisi untuk rekreasi yang terorganisir bagi penduduk.

Taman lanskap regional diselenggarakan dengan penarikan atau tanpa penarikan bidang tanah, perairan, dan benda alam lainnya dari pemilik atau penggunanya.

Cagar alam[sunting | sunting sumber]

Cagar alam (bahasa sehari-hari zakaznik ) dinyatakan sebagai wilayah alami (kawasan perairan) dengan tujuan konservasi dan pemulihan kompleks alam atau komponennya yang terpisah.

Deklarasi cadangan (zakaznik) dilakukan tanpa penarikan bidang tanah, air, dan benda alam lainnya dari pemilik atau penggunanya.

Jenis: zoologi, botani, berhutan, lanskap, hidrologi, ornitologi, geologi, ekologi, entomologi, speleologi karst, ichthyologi.

Tengara Alam[sunting | sunting sumber]

Atraksi alam yang menonjol dinyatakan dengan tujuan melestarikannya dalam keadaan alami. Deklarasi mereka dilakukan tanpa penarikan bidang tanah, air, dan benda alam lainnya dari pemilik atau penggunanya. Ada berbagai jenis atraksi alam yang dikenal di Ukraina. Jenis: botani, kompleks, geologi, hidrologi, zoologi. Mereka dikategorikan menjadi dua kelompok:

Monumen alam[sunting | sunting sumber]

Monumen alam adalah ciptaan alam unik yang terpisah yang memiliki status perlindungan lingkungan, ilmiah, estetika, pendidikan, dan budaya khusus.

Traktat yang dilindungi[sunting | sunting sumber]

Traktat yang dilindungi adalah hutan, stepa, lahan basah, dan lanskap koheren lainnya yang memiliki status ilmiah, perlindungan lingkungan, dan estetika yang penting.

Kawasan yang Dikelola Habitat/Spesies[sunting | sunting sumber]

Area yang Dikelola Habitat / Spesies dapat memiliki beberapa kategorisasi seperti bagian dari "benda warisan budaya Ukraina" atau sebagai lembaga penelitian ilmiah (pendidikan). Kawasan tersebut juga dapat menjadi bagian dari taman alam nasional yang lebih besar dan/atau cagar biosfer sebagai bagian darinya. Di antara yang paling menonjol adalah kebun raya dan taman zoologi Askania-Nova, arboretum Sofiyivka, arboretum Trostyanets, dan banyak lainnya.

Kebun Raya

Arboreta (Taman Dendrologi)
Kebun Binatang (Taman Zoologi)
Taman eksklusif (Monumen arsitektur taman)

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

==

Tautan luar ==