Katedral Zanzibar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Zanzibar
Katedral Metropolitan Santo Yosef di Zanzibar
bahasa Swahili: Kanisa kuu la Mtakatifu Yosefu, Zanzibar
Katedral Zanzibar
LokasiZanzibar
NegaraTanzania
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Zanzibar

Katedral Zanzibar atau yang secara resmi bernama Katedral Santo Yosef (bahasa Swahili: Kanisa kuu la Mtakatifu Yosefu, Zanzibar) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Kota Zanzibar, Tanzania. Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Zanzibar.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Gereja ini terletak di area Baghani, di luar jalan Kenyatta.[1] Meskipun menara kembarnya mudah dilihat dari kejauhan dan dari tempat tinggi di Kota Batu (yaitu, balkon House of Wonders), gereja itu sendiri terbukti sulit ditemukan di labirin sempit jalan-jalan di Baghani. Rute termudah menuju gereja adalah mengikuti Jalan Kenyatta ke Jalan Gizenga lalu mengambil jalan pertama di sebelah kanan.[2]

Sejarah dan gaya[sunting | sunting sumber]

Gereja ini dibangun oleh misionaris Prancis antara tahun 1893 dan 1898. Desain gereja didasarkan pada Katedral Marseille,[3] dan faktanya kedua gereja tersebut memiliki kemiripan satu sama lain, katedral Kota Zanzibar jauh lebih kecil. Fitur arsitektur utamanya adalah menara kembar (seperti menara gereja Marseille) yang merupakan salah satu elemen cakrawala Kota Batu yang paling mudah dikenali dari tempat tinggi maupun dari laut.[3] Interiornya dilukis dengan pemandangan dari Perjanjian Lama, semuanya telah hancur karena restorasi yang buruk pada tahun 2014. Ubin dan jendela kaca patri diimpor dari Perancis.[1]

Panorama of Stone Town
Panorama Kota Batu diambil dari Kanal Zanzibar. Menara kembar Katedral Zanzibar terlihat jelas di bagian tengah panorama.

Di halaman gereja yang sempit dulunya terdapat pohon palem yang tinggi, yang muncul di sebagian besar gambar gereja; pohon itu kadang-kadang ditebang pada tahun 2000-an.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 6°09′46″S 39°11′20″E / 6.16278°S 39.18889°E / -6.16278; 39.18889