Katedral Zacatecoluca

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Zacatecoluca
Gereja Katedral Bunda Orang Miskin di Zacatecoluca
Catedral de Nuestra Señora de los Pobres
Katedral Zacatecoluca
LokasiZacatecoluca
NegaraEl Salvador
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiBunda Orang Miskin
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Zacatecoluca

Katedral Zacatecoluca atau yang bernama resmi Katedral Bunda Orang Miskin[1] (Spanyol: Catedral de Nuestra Señora de los Pobres)[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Zacatecoluca, di negara Amerika Tengah El Salvador.[3] Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Zacatecoluca.

Pada abad keenam belas, ketika Spanyol mendirikan kota ini, kota ini terletak di sebelah timur alun-alun pusat (sekarang Lapangan Cañas), tempat kota ini berada sejak saat itu. Katedral Zacatecoluca telah mengalami modifikasi berbeda dari waktu ke waktu.

Awalnya itu adalah pertapaan dari batu bata dan ubin, mempertahankan dirinya sampai digantikan pada tahun 1740 oleh fasad kayu lainnya dengan pengaruh beberapa elemen gaya Renaisans dan Barok.

Katedral tua ini berdiri hingga tahun 1965 dan disebut Gereja Santa Lusia.

Pada tahun 1965, gedung Katedral Zacatecoluca saat ini mulai dibangun dan diselesaikan pada tahun 1975 karena tunggakan akibat kurangnya dana untuk pembangunannya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Bunda Maria dari Miskin di Zacatecoluca
  2. ^ Síntigo, Ana Silvia Menjívar de; Martínez, Edin; Mínima, Fundación Salvadoreña de Desarrollo y Vivienda. Kampanye Kesadaran Mengenai Perhatian terhadap Bencana dan Pencegahan Bencana. FUNDASAL. 
  3. ^ Grant, Stephen H.; Herodier, Gustavo; Cañas-Dinarte, Carlos. Pos-postales salvadoreñas del ayer. Fundación María Escalón de Nuñez.