Katedral Warsawa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Warsawa
Katedral Agung Basilika Santo Yohanes Pembaptis Warsawa
Bazylika archikatedralna św. Jana Chrzciciela
Katedral Warsawa
52°14′56″N 21°00′49″E / 52.24889°N 21.01361°E / 52.24889; 21.01361Koordinat: 52°14′56″N 21°00′49″E / 52.24889°N 21.01361°E / 52.24889; 21.01361
LokasiWarsawa
NegaraPolandia
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
Didirikan1390 (1390)
DedikasiSanto Yohanes Pembaptis
Arsitektur
StatusKatedral Agung
Status fungsionalAktif
Penetapan warisanSitus Warisan Dunia UNESCO
Ditetapkan1980
GayaGotik Batu bata
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Warsawa
Klerus
Uskup AgungKazimierz Nycz

Katedral Warsawa atau yang secara resmi bernama Katedral Agung Santo Yohanes (bahasa Polandia: Archikatedra św. Jana w Warszawie) adalah sebuah gereja katedral Katolik di dalam kawasan Kota Tua di Warsawa, ibu kota negara Polandia. Struktur Katedral bergaya Gotik Batu bata ini berdiri di Świętojańska Street [pl], berdekatan dengan Gereja Yesuit. Katedral Agung Santo Yohanes merupakan salah satu dari tiga katedral utama di kota Warsawa, tetapi itu adalah satu-satunya tempat suci yang juga memiliki gelar katedral agung. Katedral Agung Santo Yohanes merupakan induk gereja dari Keuskupan Agung Warsawa dan salah satu pantheon nasional Polandia. Bersama dengan kota tua, gereja tersebut telah terdaftar oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia. Dengan demikian, Katedral Agung Santo Yohanes menjadi pusat kedudukan dan takhta bagi Uskup Agung Warsawa.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pemahkotaan Ratu Eleonora di Katedral Warsawa pada 1670.

Awalnya dibangun pada abad ke-14 dengan gaya Gotik Masovian, katedral ini berfungsi sebagai situs penobatan dan pemakaman bagi banyak Adipati Masovia.

Katedral agung ini terhubung dengan Kastil Kerajaan (Zamek Królewski w Warszawie) melalui koridor setinggi 80 meter yang dibangun oleh Ratu Anna Jagiellonka pada akhir abad ke-16 dan diperpanjang pada tahun 1620-an setelah upaya Michał Piekarski yang gagal pada tahun 1620 untuk membunuh Raja Polandia Sigismund III di depan katedral.[1]

Setelah resolusi Konstitusi 3 Mei 1791, pada akhir sesi di Kastil Kerajaan, Raja Stanisław August Poniatowski pergi ke Katedral Warsawa untuk mengulangi Sumpah Konstitusi di depan Altar, di hadapan Tuhan. Juga Marsekal dari Sejm Agung dibawa ke katedral ini di pundak para deputi Sejm yang antusias.

Gereja dibangun kembali beberapa kali, terutama pada abad ke-19, dipertahankan sampai Perang Dunia II sebagai Kebangkitan Gotik Inggris.

Pada tahun 1944, selama Pemberontakan Warsawa (Agustus–Oktober 1944), Katedral Warsawa menjadi tempat perjuangan antara pemberontak dan tentara Jerman yang bergerak maju.[2] Jerman berhasil memasukkan sebuah tank berisi bahan peledak ke dalam katedral, sebuah ledakan besar menghancurkan sebagian besar bangunan.[2] Setelah runtuhnya Pemberontakan, Vernichtungskommando (Detasemen Penghancuran) Jerman mengebor lubang ke dinding untuk bahan peledak dan meledakkan katedral menghancurkan 90% dindingnya.[2]

Katedral dibangun kembali setelah perang. Rekonstruksi eksterior didasarkan pada perkiraan penampilan gereja abad ke-14 (menurut ilustrasi awal abad ke-17 Hogenberg dan gambar Abraham Boot tahun 1627), bukan pada penampilan sebelum perang.

Interior[sunting | sunting sumber]

Interior Katedral Warsawa, 1836, karya Marcin Zaleski
Interior Katedral Warsawa

Dekorasi awal Barok yang melimpah di dalam dari awal abad ke-17 dan lukisan megah di altar utama oleh Palma il Giovane yang menggambarkan Perawan dan Anak bersama St. Yohanes Pembaptis dan St. Stanisław dihancurkan dalam pengeboman gereja oleh Jerman pada 17 Agustus 1944.[3] Sisa-sisa gereja diledakkan oleh Jerman pada November 1944.[3] Satu tembok yang entah bagaimana berhasil bertahan adalah satu-satunya yang tersisa dari bangunan berusia enam ratus tahun itu. Penghancuran monumen nasional Polandia ini adalah bagian dari Penghancuran Warsawa yang direncanakan, yang secara resmi dimulai setelah runtuhnya Pemberontakan Warsawa.

Lukisan "Perawan dan Anak" diciptakan pada tahun 1618 untuk Raja Sigismund III Vasa khusus untuk ditempatkan di altar tengah Katedral Warsawa.[1] Sebagai mahakarya, lukisan ini disita atas perintah Napoleon dan diangkut ke Paris.[4] Diambil kembali oleh otoritas Warsawa pada tahun 1820-an setelah Kongres Wina. Lukisan itu selamat dari banyak perang dan pemboman Warsawa sejak dicat, tetapi tidak bertahan saat Perang Dunia II. Di antara patung-patung yang hilang karena pengeboman Jerman, yang paling layak disebutkan adalah patung marmer Jan Franciszek Bieliński, Voivode dari Malbork (meninggal tahun 1685), diukir oleh Jean-Joseph Vinache.[5]

Desain rekonstruksi interior sangat berbeda dari katedral sebelum perang, mengembalikannya ke masa lalu ke tampilan mentah Gotik, karena sangat sedikit perabot asli katedral yang mampu dipertahankan. Katedral Warsawa merupakan bangunan dengan tiga nave, dua lorong sama tingginya dengan nave utama. Di sisi kanan depan terdapat menara tempat lonceng bergantung, jalan menuju Jalan Dziekania terletak di bawahnya. Ada mimbar dari tahun 1959, dirancang oleh Józef Trenarowski dan kios-kios yang merupakan replika dari bangunan barok yang hancur, didirikan oleh Raja Yohanes III Sobieski.[3] Selain itu, ada ada banyak kapel, batu nisan, dan epitaf di katedral. Di lorong kiri ada banyak kapel. Mereka, pada gilirannya, dari altar utama:

  • Kapel Baryczka, di ujung lorong kiri (berisi salib kayu, dianggap sebagai elemen paling berharga dari perabotan katedral; dibawa dari Nuremberg pada tahun 1539 oleh pedagang Jerzy Baryczka) ,[3]
  • Kapel Kristus yang Dicambuk (kapel tertua, berasal dari abad ke-15)
  • Pembaptisan (dengan pembaptisan yang berharga, yang berasal dari tahun 1631)
  • Kapel Yohanes Pembaptis
  • Kapel Santo Stanisław, dari abad ke-15
  • Di antara unsur-unsur interior asli yang direkonstruksi adalah altar Rokoko di Kapel Maria Dikandung Tanpa Noda, yang disebut "Kapel Sastra", dengan patung Perawan Maria dari Gereja Santo Andreas yang hancur di Lapangan Teater, sejak abad ke-17.[6]

Lukisan yang pernah menjadi milik raja Polandia Yohanes II Casimir Vasa, Michael Korybut Wiśniowiecki dan Yohanes III Sobieski, digunakan selama pertempuran.[6]

Pemakaman[sunting | sunting sumber]

Pemakaman kepresidenan (Republik Polandia Kedua)
Mausoleum Kardinal Wyszyński di Katedral Agung St. Yohanes
Makam Kardinal Glemp di Katedral Agung St John

Ruang bawah tanah di bawah lorong utama Katedral Warsawa menyimpan sisa-sisa orang terkenal, termasuk:

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lukisan bersejarah[sunting | sunting sumber]

Pahatan dan Patung[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Stefan Kieniewicz, ed., Warszawa w latach 1526-1795 (Warsawa pada 1526–1795), vol. II, Warsawa, 1984, ISBN 83-01-03323-1.
  2. ^ a b c Stefan Wyszyński. "Historia". www.katedra.mkw.pl (dalam bahasa Polski). W 1944 roku podczas Powstania Warszawskiego. Katedra była terenem walki. Wojska powstańcze walczyły tutaj w obronie niemal każdego metra posadzki. Niemcy zdołali wprowadzić do archikatedry czołg naładowany material wybuchowymi: wybuch zniszczył ogromną część budowli. Po upadku Powstania Warszawskiego. Vernichtungskommando ładunkami trotylu wysadziło w powietrze katedrę i zniszczyło 90% murów. 
  3. ^ a b c d Paweł Giergoń. "Katedra św. Jana (Archikatedra)". www.sztuka.net.pl (dalam bahasa Polski). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-05-07. Diakses tanggal 2009-03-05. 
  4. ^ Maria Irena Kwiatkowska, Krystyna Kozłowska (1978). Katedra św. Jana (Katedral St. Yohanes) (dalam bahasa Polski). hlm. 241–242. 
  5. ^ Józef Poklewski (1959). Prace Wydziału Filologiczno-Filozoficznego, Tomy 3-4 (Studi Fakultas Filologi dan Filsafat, Volume 3-4) (dalam bahasa Prancis). hlm. 309. 
  6. ^ a b Zofia Bartoszewska (1981). Jeśteśmy w Warszawie: miasto dawne i nowe (dalam bahasa Polski). Państwowy Instytut Wydawniczy. hlm. 209. ISBN 83-06-00595-3. 
  7. ^ a b c d Paweł Giergoń. "Pomnik Stanisława Nałęcz hr. Małachowskiego". www.sztuka.net (dalam bahasa Polski). Diakses tanggal 13-10-2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]