Katedral Villahermosa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Villahermosa
Katedral Tuhan
bahasa Spanyol: Catedral del Señor de Villahermosa
Katedral Villahermosa
LokasiVillahermosa
NegaraMeksiko
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Tabasco

Katedral Tuhan[1] (bahasa Spanyol: Catedral del Señor de Villahermosa) disebut juga Katedral Villahermosa atau Katedral Tabasco[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Villahermosa, di Meksiko.[3] Katedral ini menjadi pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Tabasco.

Gereja pertama yang dibangun di lokasinya yang sekarang dibangun pada tahun 1776 yang dikenal sebagai Gereja Penguasa Esquipulas, dinamai demikian karena dibangun untuk menghormati Penguasa Esquipulas, Kristus berkulit hitam yang dibawa dari penduduk Esquipulas, Guatemala dan seterusnya. 18 Maret 1774, disumbangkan oleh Uskup Yucatán Don Diego de Peredo.

Pada tanggal 16 April 1884, Uskup Agustín de Jesus Torres Hernández meletakkan batu pertama Katedral Tabasco yang baru, namun pembangunannya tidak dapat diselesaikan, sehingga Katedral Esquipulas terus menjadi Katedral Tabasco hingga tahun 1928 ketika dibangun. ditutup karena kampanye anti-agama yang dilakukan oleh gubernur negara bagian saat itu Tomás Garrido Canabal, yang memerintahkan penutupan gereja dan penghancuran gambar keagamaan di seluruh negara bagian. Pada tahun 1930 katedral dijarah, dibakar dan dihancurkan gambar-gambar keagamaan, untuk diubah menjadi "Sekolah Rasionalis". Akhirnya pada tahun 1934 dibongkar.

Setelah pentas Garridismo, Uskup Tabasco José de Jesús del Valle y Navarro pada tahun 1945 memulai rekonstruksi katedral dengan nama Katedral Penguasa Tabasco , dinamai menurut gambar yang disumbangkan uskup. Pembangunannya selesai pada tahun 1970. Pada tanggal 11 Mei 1990, katedral ditahbiskan dan diberkati oleh SS. Yohanes Paulus II dalam Misa khidmat, selama kunjungannya ke kota Villahermosa.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Tuhan di Villahermosa
  2. ^ Biografi sebuah obispo santo: vida y obra del siervo of Dios Antonio Hernández Gallegos. 
  3. ^ Villarreal, Roberto González. Ingobernabilidad: gerakan krisis dalam gobierno de Ernesto Zedillo. Plaza y Valdes. ISBN 9789688564745.