Katedral Veracruz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Veracruz
Katedral Maria Diangkat ke Surga
Spanyol: Catedral de Veracruz
Katedral Veracruz
LokasiVeracruz
NegaraMeksiko
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Veracruz

Katedral Veracruz, yang bernama resmi Katedral Maria Diangkat ke Surga adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di pusat bersejarah kota Veracruz, Meksiko. Katedral ini ditahbiskan sebagai katedral pada tahun 1963.

Sebelumnya, terdapat gereja paroki berukuran sederhana di situs tersebut, dibangun pada awal abad ke-17 dan selesai pada tahun 1731. Katedral ini memiliki satu menara di sisi kanan.

Bangunan[sunting | sunting sumber]

Katedral Veracruz.

Berbentuk basilika dan memiliki bagian tengah lebar yang diapit oleh dua lorong di kedua sisinya. Kubah segi delapan memiliki lentera kecil dan penutup ubin Puebla. Menara tiga tingkat ini juga memiliki kubah kecil.

Pintu masuk utama dibangun dengan gaya neoklasik sederhana dengan dua pintu dan sebuah pedimen. Bagian pertama memiliki lengkungan pintu masuk setengah runcing yang dilindungi oleh kolom genap di sisinya dan dua kolom di sudutnya, keduanya berdesain Doric, membentuk dua alur yang menopang cornice dan bagian atas. Jendela paduan suara, di atasnya terdapat medali, berdiri di tengah bagian kedua. Rangkaian kolom yang sama seperti pada bagian bawah diulangi tetapi sekarang dengan desain Ionik. Pedimen segitiga tengah di atasnya diberi medali.

Interior sederhana berisi lampu gantung Baccarat kristal dan altar tinggi, yang disumbangkan oleh Kekaisaran Austria-Hongaria.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 19°11′59″N 96°08′18″W / 19.19977°N 96.13828°W / 19.19977; -96.13828