Katedral Uzès

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Uzès
Katedral Santo Theodoritus
Prancis: Cathédrale Saint-Théodorit d'Uzès
Katedral Uzès
LokasiUzès
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Nîmes

Katedral Uzès (Prancis: Cathédrale Saint-Théodorit d'Uzès) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Uzès, Perancis. Katedral didedikasikan untuk Santo Theodoritus, dan sekarang menjadi gereja paroki.

Gereja ini sebelumnya merupakan tempat kedudukan Keuskupan Uzès, hingga keuskupan dihapuskan berdasarkan Konkordat 1801 dan wilayahnya diserahkan kepada Keuskupan Agung Avignon. Pada tahun 1877, wilayah bekas keuskupan Uzès dihapus dari wilayah Avignon dan ditambahkan ke Keuskupan Nîmes, sekarang Keuskupan Nîmes, Uzès dan Alès.

Bangunan yang sekarang, yang dihancurkan selama Revolusi Perancis, dan setelah perbaikan dan dengan penambahan fasad Neoklasik abad ke-19, sekarang digunakan sebagai gereja paroki, berasal dari abad ke-17, dan merupakan pembangunan kembali katedral sebelumnya, yang hancur selama Perang Agama Prancis. Katedral tersebut pada gilirannya dibangun untuk menggantikan katedral sebelumnya yang telah dihancurkan pada abad ke-12 selama Perang Salib Albigensian. campanile, Tour Fenestrelle yang terkenal, adalah satu-satunya bagian yang bertahan dari struktur abad pertengahan, meskipun sebelumnya lebih tinggi dua lantai.

Interior[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]