Katedral Urbania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Urbania
Katedral Santo Kristoforus Martir
bahasa Italia: Concattedrale di S. Cristoforo Martire
Katedral Urbania
LokasiUrbania
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Urbino-Urbania-Sant'Angelo di Vado

Katedral Urbania (bahasa Italia: Duomo di Urbania; Concattedrale di San Cristoforo martire) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Urbania, di Provinsi Pesaro dan Urbino di wilayah Marche, Italia.

Keuskupan tersebut merupakan tempat kedudukan Uskup Urbania e Sant'Angelo di Vado sejak pendirian keuskupan tersebut pada tahun 1636. Sejak tahun 1986 keuskupan tersebut menjadi katedral bersama di Keuskupan Agung Urbino-Urbania-Sant'Angelo di Vado.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja yang sekarang dibangun di lokasi bangunan Paleokristen sebelumnya, gereja San Cristoforo abad ke-9. Hanya menara lonceng Romawi dan jejak lainnya yang tersisa. Itu direstrukturisasi oleh Kardinal Bessarion, kepala biara Casteldurante, yang pada tahun 1472 membawa relik tulang bahu Santo Christopher dalam sebuah guci oleh Pollaiolo. Gereja ini dibangun kembali pada pertengahan tahun 1700-an oleh arsitek Giuseppe Tosi. Fasadnya (1870) dibuat oleh Giuseppe Tacchi dan menara lonceng baru (1958) oleh insinyur Stefanucci.

Bagian dalamnya memiliki salib (1320) karya Pietro da Rimini. Di dinding kiri apse terdapat kanvas Pentakosta abad ke-16 karya pelukis Mannerist Giustino Episcopi. Di gereja juga terdapat karya Giorgio Picchi (Saint Ubaldo dan Kelahiran Yohanes Pembaptis, akhir abad ke-16) dan seniman Barok lainnya. Kapel San Cristoforo menampung patung santo pelindungnya (1768).[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Urbania Column, deskripsi gereja.

Koordinat: 43°40′04″N 12°31′24″E / 43.6678°N 12.5233°E / 43.6678; 12.5233