Katedral Udine

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Udine
Katedral Kabar Sukacita Santa Maria
bahasa Italia: Cattedrale di S. Maria Annunziata nella Chiesa Metropolitana
Katedral Udine
LokasiUdine
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Udine

St. Hermagoras dan Fortunatus oleh Giovanni Battista Tiepolo (1736).

Katedral Udine (bahasa Italia: Duomo di Udine, Cattedrale di Santa Maria Maggiore) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Udine, timur laut Italia. Ini adalah tempat kedudukan Keuskupan Agung Udine.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembangunan katedral dimulai pada tahun 1236 atas kehendak Berthold, patriark Aquileia, pada denah berbentuk salib Latin dengan tiga lorong dan kapel samping. Gayanya harus mengikuti gaya gereja Fransiskan kontemporer. Gereja ini ditahbiskan pada tahun 1335 sebagai Santa Maria Maggiore.

Pada tahun 1348 gempa bumi merusak bangunan tersebut, yang dipugar mulai tahun 1368. Pada kesempatan ini, jendela mawar sebelumnya yang lebih besar diganti dengan yang lebih kecil saat ini.

Pada awal abad ke-18, proyek transformasi radikal yang melibatkan eksterior dan interior dilakukan atas permintaan dan biaya keluarga Manin. Perancangnya adalah arsitek Domenico Rossi, pekerjaannya selesai pada tahun 1735.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Gereja ini memiliki dua portal utama, salah satunya disebut Portale della Redenzione, yang dibuat oleh seorang master Jerman yang tidak dikenal pada abad ke-14. Ini memiliki relief yang menggambarkan Penebusan dan lengkungan internal yang runcing. Yang lainnya dikenal sebagai Portale dell'Incoronazion, dan juga dieksekusi oleh pematung Jerman pada tahun 1395–1396. Ia mempunyai gambar orang-orang kudus dan, yang satu di atas timpanum, pemandangan Kehidupan Yesus.

Bagian dalamnya memiliki bagian tengah dan dua lorong yang dipisahkan oleh pilar. Di sisinya ada empat kapel yang berkomunikasi satu sama lain.

Berbeda dengan eksterior Romawi-Gotik, interior Baroque memiliki dimensi monumental dan berisi banyak karya seni oleh Maffeo Verona, Giovanni Battista Tiepolo, Pomponio Amalteo, dan Ludovico Dorigny. Pelukis Pellegrino da San Daniele berkontribusi pada altar Santo Yosef dan pintu organ. Di lantai dasar menara lonceng (dibangun dari tahun 1441 di atas baptisterium kuno) terdapat sebuah kapel yang sepenuhnya dihiasi dengan fresko oleh Vitale da Bologna (1349) .

Katedral ini juga memiliki museum seni dekoratif keagamaan yang penting, Museo del Duomo di Udine.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]