Katedral Tulsa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Tulsa
Katedral Keluarga Kudus
Holy Family Cathedral
Katedral Tulsa
LokasiW. 8th St. & S. Boulder Ave.
Tulsa, Oklahoma
NegaraAmerika Serikat
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiKeuarga Kudus
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Selesai1966
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Tulsa

Katedral Tulsa yang bernama resmi Katedral Keluarga Kudus adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Tulsa, Oklahoma, Amerika Serikat. Ini adalah gereja induk dari Keuskupan Tulsa dan merupakan tempat kedudukan uskup. Terletak di 810 South Boulder Avenue di kota Tulsa di Oklahoma. Paroki memilih arsitek J.P. Curtin dari firma Tulsa Curtin, Winkler, dan Macdonald untuk merancang gereja tersebut. Curtin dipilih daripada arsitek William P. Ginther dari Akron, Ohio, yang membangun banyak gereja Katolik Roma di seluruh Midwest. Ginther merancang rencana alternatif untuk para pengurus gereja yang memiliki kekhawatiran tentang desain Curtin. Yang tersisa dari karya Ginther hanyalah serangkaian cetak biru.

Pembangunan struktur saat ini dimulai pada tanggal 23 Mei 1912 dan peresmian gereja secara massal dilakukan pada tanggal 1 April 1914. Itu adalah gedung tertinggi di Tulsa hingga Hotel Mayo dibangun pada tahun 1923.[1] Katedral juga merupakan lokasi Sekolah Katedral Keluarga Kudus, sebuah lembaga pendidikan bagi siswa dari pra-sekolah hingga kelas delapan.

Keuskupan Tulsa didirikan pada tahun 1973.[1] Bangunan di situs ini terdaftar di Daftar Tempat Bersejarah Nasional 11 Februari 1982. Nomor NRIS adalah 82003704.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Situs Web Komisi Pelestarian Tulsa. "Katedral Keluarga Kudus, Pastoran & Sekolah." Diakses 29 September 2010. [1] .archive.org/web/20101201085224/http://tulsapreservationcommission.org/nationalregister/buildings/index.pl?id=22 Diarsipkan 2010-12-01 di Wayback Machine.