Katedral Tudela

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Tudela
Katedral Santa Maria Mayor
Spanyol: Catedral de Tudela
Katedral Tudela
Katedral Tudela di Spanyol
Katedral Tudela
Katedral Tudela
LokasiTudela
NegaraSpanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Penetapan warisanMonumento
Ditetapkan1884
Tipe arsitekturgereja
GayaRomanesque, Gotik
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Pamplona y Tudela

Katedral Tudela yang bernama resmi Katedral Santa Maria Mayor (bahasa Spanyol: Catedral de Santa Maria) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Plaza Vieja di pusat Tudela, komunitas otonom dari Navarre, Spanyol. Bangunan abad pertengahan ini awalnya adalah gereja perguruan tinggi. Katedral ini menjadi pusat kedudukan dengan didirikannya Keuskupan Tudela, yang berdiri pada tahun 1783-1851 dan sekali lagi pada tahun 1889-1956. Sekarang menjadi kon-katedral di Keuskupan Agung Pamplona dan Tudela.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Umat ​​Katolik di bawah Alfonso sang Pejuang menaklukkan Tudela pada tahun 1119. Kota ini berada di bawah kendali Muslim, meskipun ada tiga komunitas agama yang tinggal di sana. Setelah penaklukan tersebut, umat Islam terpaksa tinggal di pinggiran kota di luar tembok kota. Masjid utama kota itu diserahkan kepada gereja. Situs ini diperuntukkan bagi pembangunan sebuah gereja (sebelum adanya masjid, telah ada sebuah gereja di sana yang didedikasikan untuk Santa María la Blanca). Pembangunan gereja perguruan tinggi dimulai pada tahun 1168.

Patung dua sosok bertanduk yang menyeringai menerapkan instrumen ke wajah dan lidah seorang pria yang memegang papan permainan.
Dalam fragmen Puerta del Juicio ini, dua setan menghukum seorang penjudi backgammon karena penistaan agamanya.[1]

Gaya arsitektur yang awalnya digunakan adalah Romanesque. Di antara harta karun gereja, terdapat tiga portal bergaya Romawi dengan dekorasi pahatan yang rumit. Pintu Utara disebut Portal de Santa Maria, sedangkan di Selatan disebut Portal del Juicio ("Portal Penghakiman Terakhir"). Tidak seperti biasanya, lukisan ini menghabiskan sebagian besar ruang dekorasinya untuk menggambarkan siksaan Neraka.

Bagian tengah dan kapel dibangun kembali dengan gaya Gotik. Konstruksi berlangsung hingga abad ke-13.

Kapel utama memiliki retablo (reredos) karya seniman abad ke-15 yang terdiri dari 18 panel Kehidupan Yesus dan Maria, dan panel lainnya yang menggambarkan nabi dan rasul. Patung Asumsi Perawan (1606) dibuat oleh Juan Bascardo.

Paduan suara sentral diselesaikan oleh Esteban de Obray dalam gaya Gotik. Organ ini dibuat pada tahun 1759 oleh Lucas de Tarazona dari Lerín.[2]

Konservasi dan akses[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1884, gereja perguruan tinggi (saat itu bangunan tersebut belum menjadi katedral) dinyatakan sebagai monumen nasional.[3]

Kunjungan berpemandu bagi wisatawan diselenggarakan pada saat layanan tidak tersedia.[4]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "La lengua del Tahúr" (dalam bahasa Spanyol). 
  2. ^ Iglesia de Navarra, situs web keuskupan.
  3. ^ Situs Pariwisata Navarre, masuk ke gereja.
  4. ^ "Visita Turistica".